Jumat, 23 Jun 2017 15:04 WIB

Jangan Salah! Roof Box Buat Diisi Pakaian, Bukan Barang Berat

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Amel/pembaca detikcom Foto: Amel/pembaca detikcom
Jakarta - Roof box atau yang lebih akrab disebut dengan konde mobil menjadi pemandangan biasa disaat musim mudik Lebaran. Orang-orang menggunakan roof box dengan tujuan ruang kabin menjadi lebih lega.

Itu karena barang-barang yang berada di dalam bagasi dipindahkan ke roof box sehingga menciptakan ruang kosong agar penumpang lebih bebas bergerak. Tapi jangan salah, roof box tersebut fungsi utamanya adalah menyimpan pakaian sehingga bobotnya tak terlalu berat.

"Guna roofbox adalah menyimpan pakaian, bukan barang - barang lain, apalagi yang berat," ungkap Senior Instruktur Indonesian Road Safety Agent (IRSA), Poedyo Santosa melalui pesannya kepada detikOto.

Poedyo juga mengatakan ada beberapa pertimbangan yang harus disadari oleh para pemudik saat akan menggunakan roof box. Dengan adanya pemakaian roof box maka keaerodinamisan kendaraan akan berkurang.

Kedua, karena membawa barang di atap itu membuat kendaraan tak stabil.

"Gaya-gaya yang bekerja dikendaraan juga akan berubah sehingga membuat kendaraan menjadi labil (tidak stabil)," lanjut Poedyo.

"Tinggi kendaraan juga makin bertambah sehingga kemungkinan tersangkut menjadi besar ketika melintas gerbang tol dengan palang, masuk ke basement, masuk ke kapal fery penyeberangan dan lain - lain," tuturnya. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed