Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 20 Februari 2017, 19:55 WIB

Tips Otomotif

Tips Merawat Mobil Sebelum Berkendara ala TACI

Nikmah Rizkia - detikOto
Tips Merawat Mobil Sebelum Berkendara ala TACI Foto: Fayyas-detikOto
Jakarta - Acara ngumpul bareng komunitas yang diikuti oleh berbagai komunitas se-Jabodetabek, yang diadakan detikcom di Kuningan City, Jakarta Selatan Sabtu (18/2/2017) berlangsung seru.

Bahkan dikesempatan ini, komunitas TACI (Toyota Avanza Club Indonesia) berbagi tips, bagaimana merawat kendaraan mobil sebelum berkendara.

Riyan Rahadiansyah, selaku Sekretaris Jenderal TACI menuturkan, tips pertama sebelum berkendara harus mengecek Air Radiator mobil. Menurut Riyan, hal ini sangat penting karena fungsi air radiator ialah sebagai cairan pendingin untuk menjaga temperatur mesin tetap stabil saat dibawa berkendara.

"Pertama itu sebelum berkendara kita harus liat kondisi Air Radiatornya. Ini penting banget, kalau sampai kena macet dan akinya kosong ini sangat berpengaruh," ujarnya.

Kedua, selain pengecekan Air Radiator, pengecekan pada ban juga harus dilakukan. Menurut Riyan, kurangnya angin pada ban akan berdampak pada laju stabilitas perjalanan.

"Kedua itu kita harus cek ban sebelum jalan. Kalau kurang angin pasti tidak nyaman di jalan. Jika tekanan angin pada ban berkurang, laju kendaraan jadi tidak stabil," tuturnya.

Selain pengecekan Air Radiator dan ban, Riyan mengatakan sebelum berkendara juga harus mengecek oli. Karena fungsi oli melindungi mesin saat bekerja, serta mendukung performa mesin dan menghindari kerusakan mesin saat mesin dijalankan.

"Ketiga, harus cek oli pelumasnya. Oli Pelumas sangat berfungsi untuk mencegah gesekan yang terlalu kasar antar komponen mesin yang bisa merusak bagian-bagian mesin," tuturnya.

Bagaimana tips sederhana ala TACI ini? Mudah bukan untuk diterapkan sehari-hari. Nah bagi para pengguna Avanza, Riyan menginfokan bahwa dalam waktu dekat ini TACI mengadakan acara Jamnas (Jambore Nasional). Jambore Nasional ini bertujuan untuk mempertemukan para penguna Avanza yang ada di seluruh Indonesia dalam satu kota, di Bandung. (fys/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +