Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 24 Desember 2016, 17:17 WIB

Mobil Sekarang Gak Perlu Copot Aki Kalau Ditinggalkan dalam Waktu Lama

Dina Rayanti - detikOto
Mobil Sekarang Gak Perlu Copot Aki Kalau Ditinggalkan dalam Waktu Lama Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Ada yang beranggapan ketika ingin meninggalkan mobil dalam waktu lama sebaiknya aki mobil dilepas dan dipasang lagi ketika ingin dipakai agar awet. Namun tampaknya hal tersebut sebaiknya jangan diterapkan pada mobil keluaran tahun 2000-an.

"Mobil sekarang beda dengan mobil zaman dulu, kalau mobil konvensional masih pakai platina nggak ada aksesoris apa-apa itu nggak ada arus apapun, kalau zaman sekarang harus hati-hati malah apalagi kalau sudah computerized kalau baterai dicabut biar akinya awet baterai harus dilepas coba aja ikutin itu, nanti pas pulang-pulang malah mobil nggak bisa nyala lagi," kata Workshop Head PT Astra International Tbk-Isuzu Warung Buncit Aedy Damhudy di kantornya.

Menurut Aedy ada beberapa komponen yang tetap harus mendapatkan arus listrik meski mobil dalam keadaan mati.

"Biarkan aja, karena sama seperti komputer ada arus yang harus selalu di-supply ke control unit, ketika diputus ya harus di-reset lagi control unitnya," kata Aedy.

Ia menyarankan agar mobil tetap di starter secara berkala selama 5-10 menit, namun jika keadaan tidak memungkinkan untuk menstarter mobil, sebaiknya didiamkan saja tanpa harus mencdabut aki.

"Disarankan distarter berkala, lebih baik ditinggal aja daripada lepas baterai, jangankan sebulan dilepas sebentar aja ada error, ada sistem yang dipulihkan lagi, itu untuk mobil tahun 80-90an," tambah Aedy. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +