ADVERTISEMENT
Jumat, 19 Des 2014 17:51 WIB

Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Berkendara Jarak Jauh

- detikOto
Jakarta - Perjalanan jauh terkadang tidak bisa dihindari oleh pengendara mobil di Indonesia. Sebut saja saat mudik hari raya atau jalan bersama-sama dengan keluarga atau komunitas di akhir pekan.

Sebelum melakukan perjalanan jauh, ada yang harus diperhatikan oleh pengendara atau pun penumpang. Hal itu agar Anda tetap selamat samapi di tujuan. Menurut redcross, ada beberapa poin yang harus diperhatikan, diantaranya:

1. Sabuk Pengaman dan tidak kebut-kebutan

googletag.defineOutOfPageSlot('/4905536/detik_desktop/oto/parallax_detail', 'div-gpt-ad-1558277787290-0').addService(googletag.pubads());
Tidak hanya mempersiapkan kendaraan, pastikan sabuk pengaman atau seatbelts harus terpasang dengan baik dan benar. Agar perjalanan bisa lebih aman.

Perilaku selanjutnya ialah berkendara sesuai dengan peraturan dan tidak kebut-kebutan. Namun sebagai catatan ialah Amatilah batas kecepatan kendaraan Anda. Karena mengemudi terlalu cepat atau terlalu lambat dapat menyebabkan kecelakaan.

2. Luangkan Waktu untuk Beristirahat

Pastikan setelah beberapa jam berkendara Otolovers harus menyempatkan diri untuk beristirahat. Kalau dibutuhkan disarankan untuk tidur agar konsentrasi berkendara bisa pulih kembali.

3. Konsentrasi tinggi

Jangan sekali-kali coba-coba berkendara tidak berkonsentrasi, jika itu terjadi bisa dipastikan kecelakaan akan mengintai Anda. Selanjutnya pastikan juga Anda harus memberikan perhatian penuh saat jalan.

Hindari penggunaan ponsel, karena menggunakan ponsel bisa mengurangi konsentrasi Anda.

4. Hormatilah pengendara lain

Sesama pengguna jalanan, wajib hukumnya untuk Anda saling menghormati pengendara lain dan mengikuti peraturan di jalan. Disarankan jangan mengikuti kendaraan lain terlalu dekat.

Karena hal ini bisa membuat Anda semakin rawan kecelakaan.

5. Menjadi penumpang yang aktif.

Jika Anda dalam perjalanan menjadi seorang penumpang, pastikan Anda menjadi penumpang yang aktif. Contohnya, jika Anda ingin minum, ada baiknya Anda juga menawarkan minum juga kepada pengendara.

Sehingga dipastikan Anda tidak menjadi pengendara yang pasif, terlebih hanya tidur selama perjalanan.

(lth/ady)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com