Rabu, 10 Apr 2019 20:07 WIB

'Seandainya Putri Diana Pakai Sabuk Pengaman'

Ridwan Arifin - detikOto
Putri Diana semasa hidup Foto: Getty Images Putri Diana semasa hidup Foto: Getty Images
London - Kematian Putri Diana saat ini masih menyimpan misteri, ibu dari Pangeran William dan Harry ini meninggal setelah mengalami kecelakaan fatal dan menghembuskan napas terakhirnya pada 31 Agustus 1997 di University Hospitals Pitié Salpêtrière - Charles Foix, Paris, Prancis.

Namun seorang ahli patologi forensik asal Inggris, Dr. Richard Shepherd berpendapat pada buku barunya bahwa cedera yang dialami Diana sangat jarang terjadi.



"Cedera spesifiknya sangat jarang terjadi sehingga dalam seluruh karier saya, saya tidak percaya saya pernah melihat yang lain," kata Dr. Sheperd seperti dikutip dari New York Post, Rabu (10/04/2019).

Menurutnya, luka robek pada pembuluh darah hanya akan menyebabkan kematian apabila terjadi di tempat atau titik yang salah di paru-paru seperti yang dialami Princess Wales.

Putri Diana dan Dodi Al FayedPutri Diana dan Dodi Fayed Foto: Istimewa


"Dia benar-benar menderita hanya beberapa patah tulang dan cedera dada kecil, tetapi ini termasuk robekan kecil di pembuluh darah, salah satu paru-parunya," jelas Dr. Sheperd.



"Cedera Diana sangat kecil, tapi di tempat yang salah," kata Dr. Sheperd.

Pada kecelakaan 31 Agustus 1997 silam itu, memakan tiga korban, yakni Diana, pacarnya Dodi Fayed, dan sopirnya Henry Paul. Pengawalnya selamat, sebab ia adalah orang satu-satunya yang menggunakan sabuk pengaman pada saat kecelakaan.

Lokasi tewasnya Putri Diana di ParisLokasi tewasnya Putri Diana di Paris Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes


Sheperd menyebut seandainya Diana mengenakan sabuk pengaman, kemungkinan besar ia dapat terselamatkan dari kecelakaan.

"Seandainya saja dia menggunakan sabuk pengaman, dia mungkin akan muncul di depan umum dua hari kemudian dengan mata hitam, mungkin sedikit terengah-engah karena tulang rusuk yang patah," jelas Sheperd. (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com