Selasa, 24 Jul 2018 14:54 WIB

Pebalap Disabilitas Ini Dilarang Ngebut di Isle of Man

ruk - detikOto
Foto: Visordown Foto: Visordown
London - Nama Claire Lomas beberapa tahun belakangan muncul di jajaran para pebalap roda dua. Apalagi mengetahui bahwa ia menderita kelumpuhan namun tidak pernah sama sekali menyerah.

Terbukti dari keikutsertaannya di maraton London dan secara gigih belajar mengendarai sepeda motor sampai moge. Berbagai tantangan tentang sepeda motor pun bertahap ia taklukkan.

Selanjutnya, wanita berusia 38-tahun ini mendapat tantangan bermotor baru yakni melakukan finish di ajang Isle of Man TT Snaefell Mountain Course. Patut diketahui, balapan Isle of Man adalah salah satu yang terbesar dan bergengsi, pantas saja Claire ngotot untuk mengikutinya. Namun ternyata pengelola balapan tersebut, Manx Motor Cycle Club tidak memperbolehkan Claire untuk ikut serta.


Soalnya, jalanan dinilai sangat berbahaya bagi Claire yang padahal sudah melakukan latihan berat. "Manx Motor Cycle Club sangat tertarik untuk mendukung Claire Lomas yang luar biasa dan ambisius untuk mengikuti TT Mountain Course dengan solo motorcycle. Namun kami memiliki kekhawatiran tentang tingkat pengalamannya dalam sepeda motor hingga saat ini dan sifat dari tantangan yang dihadirkan pada area itu sendiri," ucap salah satu juru bicara sebagaimana dilansir Visordown.

Ia mengatakan, area tersebut paling tidak terdiri dari jalan raya sepanjang 37 mil dan 227 tikungan. Jadi, dengan pengalaman dan keadaan Claire sekarang pihak pengelola masih meragukannya.

"TT Mountain Course memiliki berbagai medan dan lebih dari 227 tikungan. Ini adalah tantangan mental dan terutama fisik sehinga kami merasa bahwa berdasarkan perkembangannya (Claire), acara tahun ini terlalu cepat baginya. Sebagai penyelenggara lomba, kami berkewajiban untuk bertindak secara bertanggung jawab dan memberi tahu bahwa Claire tidak mendapatkan izin mengikuti ajang ini (tahun ini)," lanjutnya.

Claire pun menanggapi hal tersebut. "Sesungguhnya saya kecewa tentang keputusan tidak bisa mengikuti Isle of Man lap. Saya sudah latihan dengan keras dengan dibantu oleh Rockingham dan MSV trackdays dan merasa sanggup melakukan satu lap di tantangan tersebut. Namun bila saya tidak diperbolehkan untuk mengikutinya tahun ini, saya akan latihan lebih keras lagi agar bisa lebih baik dari sekarang. Saya hargai keputusan manajemen dan saya akan fokus untuk menambah pengalaman," ujarnya.


Claire tak kecil hati karena sebagai gantinya, Direktur Balap Bennetts British Superbike Championship (BSB) Stuart Higgs menjanjikan Claire bakal balapan di 9 trek BSB. "Saya akan riding di hari Minggu. Ya, tentu saya akan gugup tetapi sangat bersemangat dan terhormat bisa mendapatkan kesempatan ini. Saya akan terus berlatih dalam berkendara," tambahnya.

Claire pun tak hanya membalap untuk dirinya, dia membalap sebagai upaya penggalangan dana untuk membantu penyandang disabilitas. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com