Valerie Thompson, Pengendara Wanita Pemegang Rekor Kecepatan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 13 Sep 2016 14:34 WIB
Foto: dok Valerie Thompson
Utah - Pebalap NHRA Pro Stock, Valerie Thompson baru saja memecahkan rekor terbaru. Dia kini memegang titel pebalap motor wanita tercepat di dunia.

Valerie mampu mencapai kecepatan rata-rata 489,2 km/jam dengan menggunakan jet darat "7" Streamliner. Dia memacu jet darat hasil rancangan Denis Manning itu di Bonneville Motorcycle Speed Trials.

Setelah melewati kualifikasi, dia melampaui kecepatan 473 km/jam dan 489 km/jam dalam dua percobaan pertama. Di percobaan terakhir, pebalap wanita ini sukses menempuh kecepatan hingga 503,7 km/jam.

Berkat pencapaian itu, Valerie memegang rekor Top Speed of the Event Award dan Pebalap Motor Wanita Tercepat di Dunia.

"Aku pernah bermimpi tentang ini sejak aku pertama kali mulai balapan. Ini tidak akan pernah terjadi tanpa Denis Manning dan pemilik tim, John Jans dan Joe Harralson," katanya di laman Facebook-nya.

Menurut desainer motor streamline ini, Valerie bisa menyesuaikan diri dengan cepat dari motor balap konvensional untuk mengemudi jet darat dengan kekuatan dua kali lipatnya. Dan yang paling penting, dia berhasil melebihi kecepatan 480 km/jam pada jarak 4,8 kilometer.

Bagi Valerie, kebut-kebutan menembus angin bukan hal yang baru. Dengan motor BMW S1000RR dia pernah mencatat angka kecepatan 341 km per jam.

(rgr/ddn)