Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 21 April 2016, 12:53 WIB

Spesial Hari Kartini

Daripada Ngebully Pengendara Wanita, Mending Beri Tips Safety Riding

Niken Purnamasari - detikOto
Daripada Ngebully Pengendara Wanita, Mending Beri Tips Safety Riding Foto: Niken Purnamasari
Jakarta - Beragam cara dilakukan wanita Indonesia untuk merayakan hari Kartini. Salah satunya lewat edukasi terkait keselamatan berkendara untuk para wanita. Seperti yang dilakukan kumpulan pengendara wanita dalam Srikandi 5.

Banyaknya meme yang beredar di media sosial tentang pengendara wanita dan kerap mendapat sentimen negatif. Gambar yang paling sering beredar saat ini yakni tentang seorang ibu yang memberikan lampu sein ke kiri, namun ia belok ke kanan.

Melihat fenomena dan banyak stigma negatif soal perilaku berkendara wanita, membuat Srikandi 5 berinisiasi untuk menggelar seminar. Tema yang dibahas dalam seminar yakni kepedulian terhadap keselamatan wanita di Indonesia di jalan raya.

"Emansipasi wanita bukan hanya diomongin tapi dilakukan aksi nyata. Aksi nyata kami daripada hanya nge-bully (pengendara wanita) di sosial media kalau cewek bawa motor enggak benar, lebih baik diberi edukasi," kata Ajisela, juru bicara Srikandi 5, Kamis (21/4/2016).

Melalui seminar yang dilakukan oleh sesama wanita, Ajisela berharap dapat mengedukasi pengendara wanita agar mampu menerapkan keselamatan dalam berkendara.

"Sebenarnya ini seperti program sakit hati terkait meme yang beredar karena cewek-cewek (pengendara wanita) ini dianggap kurang pengetahuan dan skill. Mungkin kalau cowok susah atau bingung untuk menyampaikannya. Dari kami memberi tahu karena sesama cewek," tutupnya. (nkn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed