Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 05 Juni 2017, 10:56 WIB

Toyota Patenkan TJ Cruiser, Penerus FJ Cruiser?

Minoru Moriwaki - detikOto
Toyota Patenkan TJ Cruiser, Penerus FJ Cruiser? Seri Toyota FJ Cruiser (Foto: Toyota)
Washington - Toyota mematenkan nama sebuah SUV (Sport Utility Vehicle) TJ Cruiser. Mungkinkah nama SUV ini adalah nama untuk penerus FJ Cruiser?

FJ Cruiser sebelumnya sudah dihentikan produksinya pada bulan Agustus 2016. Sebelumnya FJ Cruiser untuk Amerika disetop produksinya pada tahun 2014. TJ Cruiser patennya didaftarkan di kantor hak cipta Amerika. Jadi kemungkinan besar, mobil ini disiapkan untuk pasar Amerika.


Hak paten TJ CruiserHak paten TJ Cruiser Foto: Response

Yang menarik, di bulan April lalu, di New York Motor Show, Toyota memperlihatkan konsep yang disebut FT-4X. Mobil ini juga dilaporkan akan menjadi basis untuk penerus FJ Cruiser di masa depan.

Mobil konsep Toyota FT-4XMobil konsep Toyota FT-4X Foto: Toyota


FT-4X merupakan singkatan dari Future Toyota-Four-Wheel Drive Crossover. Mobil tersebut kini sedang dipamerkan pabrikan asal Jepang itu di New York Auto Show. Didesain oleh studio Toyota Calty Design Research di California, mobil menyesuaikan desainnya yang cocok dengan kaum milenial.

Bukan hanya dikendarai di perkotaan tapi juga bisa digunakan untuk off-road. Berbasis dari segmen C dari platform Toyota New Global Architechture (TNGA), model ini memang lebih kecil dari FJ Cruiser.

Lebih rendah sekitar 8 inchi ke ground clearance dan juga lebih pendek 16 inchi dari bagian depan ke belakang. Jarak sumbu roda juga beberapa inchi lebih pendek dan tajam.

Bagaimana dengan Indonesia? Mobil FJ Cruiser seri terbaru sempat dirilis di Indonesia pada tahun 2012 lalu. Saat itu mobil dijual dengan harga Rp 900 jutaan. Di Indonesia, Sport Utility Vehicle (SUV) Toyota FJ Cruiser dibanderol sekitar Rp 900 jutaan. Kendaraan tersebut menggendong mesin 4.000 cc bensin V6 dual VVT-i khas FJ 40.

Toyota FJ Cruiser menggunakan kaca lebar seperti FJ 40. Atapnya berwarna putih FJ Cruiser diambil dari khas FJ 40 klasik yang menggunakan atap fiber glass berwarna putih. Bagian dalamnya dipercantik dengan steering wheel audio dengan audio control. Toyota FJ Cruiser yang didatangkan langsung dari Jepang itu menggunakan pelek 17 inci.

Untuk pasar mobil Indonesia, FJ Cruiser disediakan dalam pilihan warna two tone dan monotone. Two tone memiliki warna yang berbeda untuk roof dan body.

Untuk warna bodi disediakan 8 pilihan warna yaitu beige, blue, gray metallic, black dark green, dan grayish blue dengan atap warna putih. Sementara monotone hanya yang meliputi atap dan bodi hanya memiliki warna sama yakni putih dan merah. Sayang setelah beberapa tahun, Toyota kemudian tak lagi menjual FJ Cruiser.



(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed