Kamis, 03 Sep 2015 10:10 WIB

Prius Model Terbaru Beberapa Hari Lagi Meluncur

Minoru Moriwaki - detikOto
Las Vegas - Toyota sudah bersiap meluncurkan generasi terbaru mobil hybrid Prius. Rencananya bulan ini tepatnya tanggal 8 September, mobil akan diperlihatkan di Las Vegas, Amerika.

Sebuah grup pecinta Prius di Malaysia, Prius Club Malaysia memposting foto-foto spyshot Prius model anyar di laman grupnya.

Foto itu diambil oleh media Australia CarAdvice. Prius model baru itu terlihat tengah dimasukkan ke dalam pesawat kargo.

Prius didesain ulang dengan tampilan yang mirip mobil hidrogen Mirai. Bagian belakangnya pun sudah diubah oleh Toyota.

Spied shot of the all-new Toyota Prius

Sementara itu seperti dilansir Worldcarfans, CEO Toyota Amerika Utara Jim Lentz mengungkapkan, generasi keempat dari Prius akan menggunakan Toyota New Global Architecture (TNGA), Lentz mengatakan Prius terbaru bakal memiliki tampilan yang lebih menarik.

Selain itu, handling dari mobil ini juga akan ditingkatkan. Mobil ini juga dikatakan bakal lebih hemat bahan bakar.

"Saya sudah mencoba mengendarainya. Ini (Prius) fantastis," kata Lentz.

Menggunakan kode produksi 690A, Prius generasi keempat seharusnya diluncurkan pada musim semi lalu. Tapi, Toyota menunda peluncurannya karena beberapa jajaran bos Toyota tidak puas dengan tampilannya.

Prius terbaru ini akan mendapatkan keuntungan dari microchip dan mikrokontroler yang sudah diuji di mobil balap TS040 HYBRID. Diperkirakan juga, Prius generasi keempat ditawarkan dengan nickel-metal hydrid dan baterai lithium-ion.

Sebuah pilihan sistem all-wheel drive diperkirakan ditawarkan juga pada Prius terbaru. Dikabarkan, efisiensi bahan bakar mesin bensinnya meningkat dari 38,5 persen menjadi 40 persen sedangkan bobot mobil ini turun sebanyak 20 persen.

Sementara itu, produksi Prius yang kini beredar di pasaran akan dihentikan pada akhir bulan ini. Sedangkan generasi keempat sebagai penggantinya akan diperkenalkan lebih cepat dari musim gugur tahun depan sebagai model tahun 2017.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com