Rabu, 14 Jan 2015 19:25 WIB

Laporan dari Tokyo

Apa Asyiknya Mobil Hidrogen Toyota Mirai?

- detikOto
Toyota City -

Mirai, mobil masa depan Toyota yang menggunakan tenaga hidrogen sangat menggoda untuk dijajal performanya. Seperti apa kelebihan mobil yang dari knalpotnya mengeluarkan air yang katanya bisa diminum ini?

Mobil sel bahan bakar hidrogen Mirai menjadi jawaban dari Toyota Motor Corporation terhadap kebutuhan mobil ramah lingkungan akhir-akhir ini.

Dengan begitu, Mirai menjadi salah satu penyumbang penghijauan dengan mengurangi konsumsi bahan bakar fosil.

Penggerak listriknya didukung oleh energi yang dihasilkan dari reaksi kimia hidrogen dan oksigen. Karena itu, Mirai memberikan akselerasi yang halus karena tidak ada struktur transmisi atau mesin yang menghasilkan getaran.

Toyota Mirai



Selain itu, satu set kaca keras berkualitas tinggi menciptakan kabin yang senyap. Dengan kesenyapan itu, mobil ini bisa disamakan dengan kabin pada sedan mewah.

Toyota Mirai



Dari segi akselerasi, Anda bisa merasakan sentakan kuat dari belakang yang merupakan tenaga khas mobil listrik. Tapi, akselerasinya tidak datang secara instan. Pengiriman daya yang diberikan sama seperti mobil-mobil Toyota lainnya.

Charging port of hydrogen fuel (Toyota Mirai)



Sementara itu, kapasitas bagasi yang ditawarkan memang tidak terlalu besar. Sebab, Mirai harus menyediakan posisi tangki hidrogen dan sel bahan bakar yang cukup memakan banyak ruang.

Toyota Mirai
Toyota Mirai



Meski begitu, ruang di kursi belakang cukup optimal, terutama di sekitar lutut. Di bagian depan, TFT Color Meter menyediakan sistem informasi dan hiburan yang mewah dengan adanya panel climate control yang dioperasikan dengan sentuhan jari.

Toyota Mirai



Kursinya hadir dengan warna biru kehitaman, warna putih yang hangat dan putih kebiruan.

Toyota Mirai

Sentuhan lapisan kulit pada kursi memberikan kesan kursi berkualitas tinggi dan desain keseluruhan menawarkan kemewahan yang modern.


Five Star Rating
Packaging: ★★★
Interior/Livability: ★★★★
Power Source: ★★★
Footwork: ★★★
Recommendation Level: ★★★

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com