Cerita Ratu Elizabeth II Nyetir Land Rover, Bikin Panik Raja Arab

ADVERTISEMENT

Cerita Ratu Elizabeth II Nyetir Land Rover, Bikin Panik Raja Arab

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 10 Sep 2022 08:05 WIB
Perjalanan Ratu Elizabeth II Bersama Land Rover, sudah terjalin lama.
Foto: Ratu Elizabeth II saat nyetir mobil (dok. CNN)
Jakarta -

Ratu Elizabeth II terkenal gemar mengemudi mobil sendiri. Meski telah menjadi Ratu Inggris, beberapa kali Ratu Elizabeth II enggan disopiri dan memilih mengemudi mobil sendiri. Bahkan, Ratu Elizabeth II pernah bikin panik Raja Arab Saudi saat mengendarai sebuah Land Rover.

Keterampilan mengemudi Elizabeth diawali saat Perang Dunia II. Saat itu, ia tergabung dalam Auxiliary Territory Service, semacam korps tentara wanita. Dia menjadi mekanik dan belajar mengendarai setiap jenis alat berat yang dia kerjakan, termasuk jip, truk, dan ambulans.

Kegemarannya mengemudi terus dilakukan Elizabeth. Beberapa waktu lalu, Ratu Elizabeth II sukses bikin panik Raja Arab Saudi. Dia mengemudi sebuah Land Rover dan Raja Abdullah yang saat itu masih menjadi putra mahkota duduk sebagai penumpangnya.

Dikutip Express, Sir Sherard Cowper-Coles diberi audiensi pribadi dengan sang ratu ketika dia diangkat sebagai duta besar untuk Arab Saudi pada tahun 2003. Pada saat itu, Pangeran Abdullah bertandang ke Istana Balmoral di Skotlandia. Ratu Elizabeth II awalnya menawarkan Pangeran Abdullah untuk berkeliling perkebunan.

Setelah makan siang, Ratu bertanya kepada tamu kerajaannya apakah dia ingin mengunjungi perkebunan. Abdullah yang awalnya ragu-ragu akhirnya setuju.

Sebuah Land Rover siap membawa Ratu Inggris dan Putra Mahkota Arab Saudi berkeliling kebun. Abdullah duduk di depan samping sopir, dan juru bahasanya di kursi belakang.

Abdullah kaget, ternyata yang mengemudikan mobilnya adalah Ratu Elizabeth II. Ini pengalaman pertama Raja Abdullah disopiri seorang wanita mengingat Arab Saudi melarang wanita mengemudikan mobil.

Kegugupan Abdullah semakin menjadi ketika sang Ratu-seorang pengemudi Angkatan Darat di masa perang-mempercepat Land Rover di sepanjang jalan-jalan sempit di Skotlandia. Sambil menyetir, Ratu Elizabeth II terus berbicara. Melalui penerjemahnya, Putra Mahkota Arab Saudi yang kemudian menjadi Raja pada 2005-2015 itu memohon kepada Ratu untuk memperlambat laju mobil dan berkonsentrasi pada jalan di depan.



Simak Video "Penerbangan Terakhir Ratu Elizabeth II Paling Banyak Dilacak dalam Sejarah"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT