ADVERTISEMENT

Gegara Ini Ratu Elizabeth II Enggak Butuh SIM Buat Nyetir Mobil

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 09 Sep 2022 15:06 WIB
Perjalanan Ratu Elizabeth II Bersama Land Rover, sudah terjalin lama.
Ratu Elizabeth II beberapa kali terlihat mengendarai mobil sendiri. Foto: Pool (CNN)
Jakarta -

Lisensi berkendara atau kalau di Indonesia disebut dengan SIM (Surat Izin Mengemudi) dibutuhkan seseorang untuk bisa mengendarai berbagai jenis kendaraan, termasuk mobil. Tapi itu tidak berlaku bagi Ratu Elizabeth II. Semasa hidupnya, Sang Ratu tidak membutuhkan SIM untuk mengendarai mobil.

Mengutip pemberitaan Insider, ketika melanggar batas kecepatan, Sang Ratu sudah jelas tidak bisa menunjukkan SIM-nya ke pihak kepolisian. Ya, berkat gelar yang dimiliki Ratu Elizabeth II memang diperbolehkan untuk tidak memiliki SIM.

Tapi jangan sekali-kali meragukan kemampuannya berkendara. Sejak umur 18 tahun dan masih menjadi Putri, Elizabeth II sudah terlatih menjadi sopir dan mekanik handal untuk teritori pelayanan wanita semasa Perang Dunia II.

Sejak saat itu, Sang Ratu tidak pernah lagi diminta untuk menjalani tes berkendara dan diperbolehkan mengendarai mobil sekalipun tanpa pelat nomor. Terlihat dalam beberapa kesempatan Elizabeth II kerap mengendarai mobilnya sendiri.

Tidak cuma itu, ketika Ratu, Perdana Menteri, dan anggota keluarga kerajaan lain berada disopiri petugas polisi, mereka dapat mengatur kecepatan mobil yang ditumpangi. Bahkan menurut The Sun, Undang-undang lalu lintas jalan di Inggris memberikan pengecualian beberapa kendaraan untuk melanggar batas kecepatan. Termasuk salah satu di antaranya deretan kendaraan yang membawa keluarga kerajaan.

Kini semua cerita itu tinggal kenangan. Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022 malam waktu Inggris. Lahir tahun 1926, sang ratu mengembuskan napas terakhir di usia 96 tahun.

Mendiang Ratu Elizabeth II memegang jabatan sebagai pemimpin negara dengan masa jabatan terpanjang dalam sejarah kerajaan Inggris. Sebelum meninggal dunia, sang ratu memerintah selama 69 tahun.

Dengan ini, Pangeran Charles pun resmi menduduki takhta selanjutnya. Charles kini mendapatkan gelar sebagai Raja Charles III.



Simak Video "Melihat Tempat Peristirahatan Terakhir Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT