Makna Kemerdekaan bagi Atenk Katros: Bebas Berekspresi dan Berkarya

ADVERTISEMENT

#MerdekaAlaOtoLovers

Makna Kemerdekaan bagi Atenk Katros: Bebas Berekspresi dan Berkarya

Hanifa Widyas Sukma Ningrum - detikOto
Kamis, 18 Agu 2022 18:20 WIB
Andi Atenk Akbar
Foto: Screenshoot detikcom
Jakarta -

Masyarakat Indonesia baru saja merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-77 dengan penuh kegembiraan dan gegap gempita. Hari Kemerdekaan ini menandakan terbebasnya Indonesia dari penjajahan dan berdiri menjadi sebuah negara.

Momen bahagia perayaan Hari kemerdekaan Indonesia ke-77 ini juga dirayakan oleh pecinta motor dan dedengkot Katros Garega, Andi 'Atenk' Akbar. Bagi dirinya, merdeka dimaknai dengan kebebasan ekspresi dan bebas berkarya.

"Arti merdeka buat gua tidak hanya bebas dari segala bentuk penjajahan ya. Tapi merdeka itu adalah bebas berekspresi dan bebas berkarya," ungkap Atenk, sapaanya, Kamis (18/8/2022).

Namun, sayangnya menurut Atenk, masyarakat Indonesia belum 100% terbebas dari penjajah. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang dijajah oleh kemiskinan.

Melihat realita ini, Atenk berharap pemerintah dapat memberi solusi di masa depan dengan membuat lapangan pekerjaan yang lebih luas dan merata. Dengan demikian, Indonesia bisa tumbuh dan berkembang bersama menjadi sebuah bangsa yang besar.

"Pemerintah mudah-mudahan bisa membuat lapangan pekerjaan yang lebih luas dan merata gak cuma di Ibu Kota atau di kota-kota besar doang di Indonesia, ya tapi sampai ke pelosok-pelosok daerah. Sehingga secara keseluruhan Indonesia bisa tumbuh dan berkembang bersama menjadi sebuah bangsa yang besar," harap Atenk.

Atenk juga menceritakan momen favoritnya saat merayakan HUT RI, yakni lomba 17-an. Ia menganggap melalui kegiatan tersebut, masyarakat Indonesia bisa menunjukkan kekompakannya.

"Momen yang paling gua suka saat Hari Kemerdekaan udah pasti lomba 17-an, cuy, itu seru banget ya. Senang aja gitu gua ngeliatnya sesama masyarakat Indonesia kita jadi kayak kompak gitu, cuy," imbuhnya.

Berbicara mengenai pahlawan masa kini, Atenk menyebut salah satu orang terdekat yang berasal dari keluarganya, yakni sang ibu. Ia menjelaskan jika sang ibu merupakan sosok yang memperjuangkan dirinya sejak belum ada di dunia. Tidak hanya sang ibu, ia juga menyebut sosok Presiden RI Joko Widodo merupakan salah satu pahlawan masa kini.

Seperti diketahui, Katros Garage pernga mengerjakan motor kustom dari bahan Kawasaki W175 yang digunakan Jokowi saat meninjau Sirkuit Mandalika. Katros Garage juga sebelumnya pernah mengerjakan motor sang anak, yaitu Gibran Rakabuming.

"Mungkin kalau di luar keluarga pahlawan sebenarnya banyak sih ya. Cuma ya karena kita punya presiden, jadi gua bilang pahlawan masa kini kita adalah Presiden Indonesia Pak Jokowi," ujarnya mantap.

Dalam perayaan HUT RI ke-77 ini, Atenk berharap Indonesia bisa tumbuh menjadi negara maju. Ia juga berharap rakyat Indonesia bisa menikmati hasil alam secara merata, rakyat menjadi sejahtera, dan hasil karya anak bangsa bisa bersaing di kancah dunia.

"Selamat hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2022. Dirgahayu Indonesia!" pungkas Atenk.

Sebagai informasi, Indonesia kembali merayakan hari kemerdekaannya. Di tahun ini, Indonesia memasuki usia ke-77 tahun. Bagi Indonesia 77 tahun yang lalu, merdeka berarti terbebas dari penjajahan. Namun di masa kini, merdeka tentu memiliki makna tersendiri bagi masing-masing orang.

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, detikcom menginisiasi kampanye 'Merdeka Bagi Mereka'. Di kampanye ini akan ada kumpulan kisah inspiratif tentang arti 'Merdeka Bagi Mereka' dari berbagai figur dan perspektif. Adapun artikel ini didukung oleh Toyota.

Simak terus kampanye 'Merdeka Bagi Mereka' mulai 17 Agustus 2022 di Sini!

(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT