Intip Garasi Eks Anak Buah Luhut yang Dilantik Jadi Pj Gubernur Babel

ADVERTISEMENT

Intip Garasi Eks Anak Buah Luhut yang Dilantik Jadi Pj Gubernur Babel

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 12 Mei 2022 11:44 WIB
Ridwan Djamaluddin
Ridwan Djamaluddin yang baru dilantik jadi Pj Gubernur Babel. Foto: Dok. Kemenko Kemaritiman
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik penjabat (pj) gubernur, salah satunya Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin.

Ridwan Djamaluddin pernah menjadi Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan, sebelum menjabat Dirjen Minerba Kementerian ESDM.

Dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Ridwan Djamaluddin tercatat menyampaikan LHKPN sebanyak empat kali, yakni 23 Juni 2016, 31 Desember 2017, 31 Desember 2018, 31 Desember 2019, dan 24 Februari 2021.

Dalam laporan terakhir, Ridwan memiliki harta kekayaan sebesar Rp 9.562.032.127 (Rp 9 miliaran). Dari total nilai tersebut sebanyak Rp 565 juta merupakan transportasi dan mesin.

Ridwan tercatat mendaftarkan satu unit mobil baru, yang belum masuk pada laporan sebelumnya, yakni Toyota Voxy tahun 2019 dengan taksiran harga Rp 400 juta.

Mobil yang masih menghiasi isi garasi Ridwan selanjutnya ialah BMW 323 keluaran tahun 1996, perolehannya hibah dengan akta. Harganya Rp 85 juta.

Terakhir, mobil Low Cost Green Car (LCGC) Toyota Agya lansiran 2015. Mobil miliknya itu ditaksir nilainya Rp 80 juta.

Bila dibandingkan laporan tahun sebelumnya, hanya satu mobil yang dihapus dari daftar yakni Toyota Kijang tahun 1999 senilai Rp 90 juta.

Ridwan Djamaluddin dilantik sebagai penjabat gubernur Babel, yang digelar di Kemendagri, Kamis (12/5/2022). Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan keputusan presiden tentang pemberhentian dengan hormat terhadap Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, Babel, Sulbar, Gorontalo, dan Papua Barat.

Dalam keppres yang dibacakan, para penjabat gubernur akan menjabat selama 1 tahun. Setelah pembacaan keppres, para penjabat gubernur mengucapkan sumpah dan janji jabatan.

"Bersediakah Saudara-saudara mengucapkan sumpah atau janji sesuai agama masing-masing?" ujar Tito memandu pembacaan sumpah dan janji.

Setelah pengambilan sumpah dan janji, para penjabat gubernur menandatangani berita acara sumpah dan janji serta pakta integritas.

Simak Video 'Mendagri Tito Karnavian Resmi Lantik Pj Gubernur untuk 5 Provinsi':

[Gambas:Video 20detik]



(riar/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT