ADVERTISEMENT

Sultan! Pria Ini Punya Lebih dari 250 Mobil Klasik, Parkir di Banyak Tempat

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 21 Apr 2022 16:17 WIB
Automobile enthusiasts visit a classic car show in Cairo, Egypt, March 19, 2022. (AP Photo/Amr Nabil)
Ratusan mobil klasik milik pengusaha travel mesir Mohamed Wahdan. Foto: AP/Amr Nabil
Jakarta -

Pencinta mobil klasik mungkin akan iri dengan kolektor asal Mesir satu ini. Adalah Mohamed Wahdan yang mengklaim mengoleksi lebih dari 250 mobil antik hingga klasik. Sebagian besar mobil itu didapat Wahdan dari dalam negeri.

Banyaknya koleksi itu mengantar Wahdan sebagai salah satu kolektor mobil klasik terbesar di dunia. Wahdan merupakan seorang pengusaha travel yang biasa membawa para wisatawan ke tempat wisata terkenal di Mesir.

Automobile enthusiasts visit a classic car show in Cairo, Egypt, March 19, 2022. (AP Photo/Amr Nabil)Ada teknisi yang juga menangani mobil klasik di garasi Wahdan. (AP Photo/Amr Nabil) Foto: AP/Amr Nabil

Tapi ia tak meninggalkan hobi dalam mengoleksi mobilnya. Dikutip Arab News, Kamis (21/4/2022), kabarnya ia menyimpan ratusan mobil klasiknya itu di beberapa garasi. Tak cuma itu, Wahdan juga mempekerjakan karyawan dan mekanik untuk merawat koleksi mobil antiknya tersebut.

Satu hal yang masih mengganjal Wahdan hingga saat ini adalah sulitnya mendapat pleat nomor. Pejabat pemerintah seringkali sulit mengklasifikasikan deretan mobil klasik. Umumnya, para ahli memang mengklasifikasikan mobil tua, antik, ataupun klasik berdasarkan tahun produksinya.

Salah satu koleksi mobil klasik tertua milik Wahdan adalah Ford Model T 1924. Mobil itu sebelumnya dimiliki oleh Raja Farouk dan tersimpan rapi di dalam museum lengkap dengan pembatas tali beludru untuk menandakan tempat parkirnya.

Automobile enthusiasts visit a classic car show in Cairo, Egypt, March 19, 2022. (AP Photo/Amr Nabil)Koleksi mobil Wahdan tersimpan rapi di banyak garasi. (AP Photo/Amr Nabil) Foto: AP/Amr Nabil

Masing-masing mobil juga memiliki namanya sendiri. Beberapa diantara mobil tersebut juga pernah muncul pada tahun 1930. Wahdan belakangan menyadari hobi mengoleksi mobil antik juga diikuti oleh beberapa orang Mesir lainnya. Seperti kolektor pada umumnya, Wahdan juga jarang mengendarainya. Meski begitu Wahdan menegaskan tidak akan menjual satupun dari koleksinya itu.

Automobile enthusiasts visit a classic car show in Cairo, Egypt, March 19, 2022. (AP Photo/Amr Nabil)Mobil itu banyak menarik perhatian para kolektor. (AP Photo/Amr Nabil) Foto: AP/Amr Nabil

"Siapapun yang memiliki kecintaan akan mobil, tidak akan bisa hidup tanpanya," ungkap Wahdan.

Wahdan bukan cuma mengoleksi mobil klasik. Barang-barang antik lain seperti telepon rotary, gramofon, koran, dan perangko jadul juga menarik perhatian sang kolektor.



Simak Video "Aksi Seru Mobil Klasik Antik Beradu Slalom, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT