Intip Garasi Andi Widjajanto, Timses Jokowi Jadi Gubernur Lemhannas

Tim detikcom - detikOto
Senin, 21 Feb 2022 15:28 WIB
Tim Transisi Jokowi  JK, Andi Widjajanto, lahir di Jakarta, 3 September 1971. Pendidikan formal di bidang Hubungan Internasional diselesaikan di FISIP UI, SOAS University of London, dan London School of Economics. Menyelesaikan Program Pascasarjana di Nat
Andi Widjajanto Foto: detikcom/Dikhy Sasra
Jakarta -

Presiden Joko Widodo melantik Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional atau Lemhannas. Menilik sisi otomotif Andi Widjajanto, bagaimana selera garasinya?

Andi Widjajanto pernah ditunjuk sebagai sekretaris kabinet atau seskab pada Oktober 2014. Posisi itu didudukinya hanya satu tahun. Dalam Laporan Harta Penyelenggara Kekayaan Negara (LHKPN), pernah melapor total hartanya sebagai seskab pada tahun 2015.

Total kekayaan milik Andi tercatat saat itu Rp 11.571.899.767 ditambah USD 310.000. Sebanyak Rp 2.356.000.000 merupakan alat transportasi dan mesin. Isi garasi milik Andi terdiri atas empat unit mobil dari model SUV, MPV, dan hatchback.

Urutan pertama ialah Range Rover Sport lansiran tahun 2014. Saat pelaporan harta kekayaan 2015 lalu, harga mobil ini ditaksir mencapai Rp 1,3 miliar.

Lanjut mobil yang kedua ialah MINI Cooper, merek asal Jerman yang dimiliki Andi keluaran tahun 2014, harganya ditaksir Rp 630 juta.

Sisa mobil yang menghiasi garasi miliknya ialah berjenis MPV. Mazda Biante tahun 2013 yang ditaksir Rp 326 juta, dan Honda Freed keluaran 2011 dengan harga Rp 100 juta.

Tidak ada lagi mobil atau kendaraan lain yang didaftarkan Andi. Semua harta di atas merupakan perolehan hasil sendiri.

Nama Andi Widjajanto tidak asing di lingkaran Presiden Jokowi. Dia pernah menjadi salah satu anggota tim sukses Jokowi dalam Pemilu 2014. Tim itu ditunjuk langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan disetujui oleh Jokowi. Masukan-masukan Andi berhasil menyukseskan Jokowi hingga terpilih menjadi presiden. Pada Oktober 2014, Jokowi kemudian menunjuk Andi Widjajanto sebagai sekretaris kabinet atau seskab. Posisi itu didudukinya hanya satu tahun.

Andi dilantik sebagai Gubernur Lemhannas

Andi dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pelantikan Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lemhannas itu disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (21/2).

Acara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan Keppres pengangkatan Andi Widjajanto.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan sumpah. Jokowi memimpin pembacaan sumpah dan diikuti oleh pejabat yang dilantik. Pelantikan Andi digelar bersamaan dengan pelantikan Arief Prasetyo Adi menjadi Kepala Badan Pangan Nasional.

"Demi Tuhan saya berjanji. Bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Jokowi diikuti pejabat yang dilantik.



Simak Video "Pertahanan IKN Dinilai Rentan, Panglima TNI Akui Kekurangan Alutsista"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)