Wagub Jabar Kenang Walikota Bandung Oded: Beliau Ingin Jalan-jalan Naik Mobil Truntung

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 12 Des 2021 11:15 WIB
Oded M Danial
Foto: Tri Ispranoto. Walikota Bandung Oded M Danial meninggal dunia pada Jumat (10/12/2021).
Jakarta -

Walikota Bandung Oded Muhammad Danial meninggal dunia pada Jumat (10/12/2021) saat salat sunat di Masjid Muhammadiyah, Jalan Sancang, Bandung. Pria yang akrab disapa Mang Oded tersebut wafat karena mengalami serangan jantung. Sejumlah pejabat di Jawa Barat pun mengucapkan belasungkawa kepada almarhum Oded. Ada pula pejabat yang membagikan kenangan berharga bersama Mang Oded semasa hidupnya.

Seperti yang diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dalam akun Instagram pribadinya @ruzhanul, ia mengaku memiliki memori manis bersama Oded. Uu Ruzhanul mengatakan bahwa Oded merupakan sosok yang baik, ramah, sederhana, dan gemar mobil tua. Beberapa hari sebelum Mang Oded wafat, Uu Ruzhanul mengungkapkan bahwa Mang Oded ingin jalan-jalan menggunakan mobil tua Suzuki ST20 (Truntung) bersama dirinya.

Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum (Fathan/detikcom)Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (Fathan/detikcom) Foto: Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum (Fathan/detikcom)

"Baraya, foto ini mewakili ingatan saya akan Mang Oded: ceria, ramah, apa adanya. Saya masih ingat, dua hari sebelum beliau wafat, beliau pernah bilang ingin jalan-jalan pakai mobil turungtung dengan saya," tulis Wagub Jabar Uu Ruzhanul dalam sebuah postingan di akun Instagramnya.

"Mang Oded dan saya memang sama-sama penyuka mobil tua, makanya senang sekali pas beliau bisa nyetir mobil buntung saya walaupun tidak lama."

"Mang Oded akan selalu saya kenang sebagai orang baik. Pileuleuyan, Mang Oded. Insya Allah jasa dan semua perbuatan baiknya akan menjadi catatan amal baik yang tidak putus," tukas Uu Ruzhanul.

[Gambas:Instagram]


Sebagai informasi, Uu Ruzhanul dikenal gemar mengoleksi mobil tua, salah satunya adalah Suzuki ST20 tahun 1983 dengan mesin 550 cc. Suzuki ST20 dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan nama Truntung. Alasan dinamakan Truntung karena mobil ini masih menggunakan mesin dua tak yang bunyinya trungtung.. tung.. tung.

Mobil ini menggunakan mesin dua tak 3 silinder berkapasitas 550 cc. Seperti mesin 2 tak pada umumnya, mobil ini butuh oli samping. Mesin masih pakai karburator untuk pasokan bahan bakar dan platina untuk pengapian. Tenaga mesin 2 tak 550 cc Truntung bisa mencapai 33 PS pada 4.500 rpm dengan torsi maksimal 52 Nm pada 3.000 rpm. Mesin dikawinkan dengan transmisi manual 4 percepatan.

(lua/riar)