ADVERTISEMENT

Drifter Berusia 11 Tahun Indonesia Bakal Tanding di Malaysia

Syailendra Hafiz Wiratama - detikOto
Sabtu, 04 Des 2021 22:08 WIB
Drifter muda 11 tahun Firenze Akello (Firo)
Drifter termuda Indonesia Firenze Akello Foto: Agung Pambudhy/detik.com
Jakarta -

Drifter muda kelahiran kota Bandung Firenze Akello (Firo) yang tahun ini masih berusia 11 tahun, bakal kembali membuktikan kepiawaian dirinya dalam kejuaraan drifting. Dia akan bertarung di negeri Jiran Malaysia dengan menggunakan mobil Nissan Cefiro yang mampu menyemburkan 500 tenaga kuda.

Sebelum turun bertanding di Malaysia, Firo melakukan berbagai persiapan. Termasuk melakukan lagi berbagai pelajaran drift demi bisa menambah skill drift yang sudah dimiliki.



Selain pelatihan, berbagai berbagai kejuaraan nasional juga diikuti dalam dua bulan terakhir. Firo di antaranya telah mengikuti empat event kejuaraan yakni Indonesia Drift Series sebanyak satu seri, Kejuaraan nasional Drift Indonesia sebanyak dua seri, serta Meikarta Motorsport Festival 2021 yang baru saja berlangsung pada tanggal 27-28 November lalu.

Di berbagai kejuaraan tersebut Firo dapat hasil cukup memuaskan. Pada saat kejuaraan nasional drifting seri kedua, Firo berhasil mendapat posisi dengan urutan ke-10 dalam tandem best 32. Namun pada pertandingan best 16, Firo harus mengakui kelihaian lawannya dan harus tersingkir akibat gangguan teknis pada cross joint.

Drifter muda 11 tahun Firenze Akello (Firo)Drifter muda 11 tahun Firenze Akello (Firo) Foto: Agung Pambudhy/detik.com

Pada kejuaraan nasional drifting seri ketiga, Firo meraih posisi kualifikasi keenam dari total 21 peserta. Pada tandem battle best 32 Firo mendapatkan kemenangan dari "bye run". Sedangkan pada battle 16 Firo kalah melawan Made Sanjaya, seorang drifter asal Bali, dikarenakan saat Firo dalam posisi memimpin (lead) dia mengalami overspin karena ban dari mobil yang dia kendarai belum panas.

Akhir pekan lalu, saat event Meikarta Motorsport Festival 2021, Firo mendapatkan kualifikasi di posisi ke-20. Firo belum berhasil meraih kemenangannya di best 32 Rookie Battle. Hal tersebut terjadi dikarenakan pada saat mengejar atau chasing, Firo tidak dapat menghindar dari mobil lawannya yang melakukan straighten dan berhenti mendadak. Sehingga terjadi benturan cukup keras yang menyebabkan mobil Firo mengalami kendala teknis di bagian kaki-kaki.



Dalam battle kelas umum, Firo bertarung melawan Rengga Mahendra pada battle best 32. Namun Rengga tidak hadir pada saat itu yang menguntungkan Firo bisa langsung melenggang ke battle best 16.

Battle terpanas terjadi saat Firo melawan Ricko Nugraha seorang drifter asal Bandung. Saat Firo melakukan chasing, Firo melakukan chase battle yang sangat mengagumkan, sehingga mendapatkan point yang lebih tinggi di mata para juri karena kesalahan yang dilakukan oleh lawannya. Tetapi saat Firo berada di posisi memimpin atau leader, ia melakukan kesalahan yang mengakibatkan mobilnya mengalami spin out. Hal ini membuat Ricko bisa lanjut ke best 8.



Simak Video "Kenalkan Firo, Bocah 11 Tahun Jago Drifting"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT