ADVERTISEMENT

Intip Garasi Dirut Garuda yang Diduga Liburan Pakai Fasilitas Kantor

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 29 Okt 2021 14:50 WIB
Dirut Garuda Irfan Setiaputra
Dirut Garuda Irfan Setiaputra Foto: Wirsad Hafiz / 20detik

Serikat Karyawan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (Sekarga) membuat surat terbuka yang ditujukan untuk Menteri BUMN Erick Thohir soal kelakuan Irfan yang disebut berlibur dengan fasilitas kantor.

Direktur Utama Garuda Indonesia bercerita mengenai kehadirannya dalam pertemuan IATA yang diselenggarakan pada 3-5 Oktober 2021. Irfan disebut berangkat bersama keluarga dengan rute penerbangan semula Jakarta-New York via Amsterdam tanggal 30 September 2021, yang kemudian diubah menjadi Jakarta-New York via Incheon/Seoul dengan nomor GA878 menggunakan fasilitas kelas bisnis.

Kemudian, Irfan disebut baru kembali lagi ke Indonesia pada 16 Oktober 2021 dengan rute Amsterdam-Jakarta dengan GA089 menggunakan fasilitas kelas bisnis. Sekarga menyatakan selain menghadiri undangan tersebut dari tanggal 3-5 Oktober, Irfan disebut lanjut berlibur bersama keluarga dan baru kembali ke Jakarta pada tanggal 16 Oktober 2021.

Tapi Vice President Corporate Secretary & Investor Relations Mitra Piranti menjelaskan perjalanan Irfan ke Amerika Serikat (AS) utamanya untuk menghadiri IATA Annual General Meeting and World Air Transport Summit 2021. Acara itu mengagendakan pertemuan pimpinan maskapai global guna membahas berbagai tantangan industri penerbangan di masa pandemi.

"Keikutsertaan pada agenda tersebut sekaligus menunjukkan komitmen Garuda Indonesia untuk berperan aktif pada diskusi global dalam fokus pemulihan industri penerbangan internasional," ungkap Mitra dalam keterangannya, Kamis (28/10/2021).

Mitra mengatakan perjalanan Irfan itu menggunakan biaya pribadi karena masuk dalam waktu cuti tahunan.

"Berkenaan dengan hal tersebut, maka seluruh biaya yang timbul ditanggung secara pribadi," ungkap Mitra.


(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT