Susi Pudjiastuti Urus SIM yang Mati 20 Tahun, Tetap Ikut Ujian Lagi

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 16 Sep 2021 16:07 WIB
Susi Pudjiastuti Mengurus SIM yang Mati 20 Tahun. Susi ikut ujian SIM lagi
Susi Pudjiastuti urus SIM yang mati 20 tahun. Dia tetap ikut ujian SIM. Foto: Twitter Susi Pudjiastuti.
Jakarta -

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berkesempatan mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) setelah SIM-nya mati selama 20 tahun. Susi menginformasikan bahwa pembuatan SIM saat ini sudah bisa dilakukan di Polsek Pangandara, tak perlu ke polres lagi.

"Pagi ini mengurus SIM yg sdh mati 20 th di Polsek Pangandaran, karena info dari Pak Kapolsek sdh bisa buat di Polsek tdk perlu ke Polres," tulis Susi dalam cuitannya di Twitter.



Cuitan itu mengundang komentar warganet di Twitter. Banyak yang mempertanyakan apakah Susi tetap mengikuti ujian teori dan praktik saat mengurus SIM yang mati 20 tahun? Soalnya, dalam aturannya jika masa berlaku SIM habis dan pemiliknya telat memperpanjang lewat satu hari pun, maka pemohon harus melakukan prosedur pembuatan SIM baru. Mekanisme pembuatan SIM baru antara lain mengikuti ujian teori dan praktik.

Dalam video klarifikasi yang diunggah Susi, Kamis (16/9/2021) di Twitter, dirinya menegaskan bahwa telah melakukan serangkaian ujian SIM saat mengurus SIM yang mati 20 tahun tersebut.

"Mengklarifikasi tentang SIM yang baru saya buat, kemarin saya hanya sempat memvideokan di mana saya sudah selesai foto, dan bicara bahwa di Polsek Pangandaran memang benar sudah bisa urus SIM. Kenapa demikian, karena sebetulnya Pangandaran sudah hampir 8 tahun kabupaten. Dulunya bagian dari Ciamis, lalau urus SIM di Ciamis. Apakah saya dapat privilege tidak melakukan tes tertulis dan kesehatan, itu juga tidak benar. Sebelum saya drive test, saya lakukan written test, setelah drive test baru foto, saya ambil vlog kemarin setelah foto," ucap Susi.



Susi juga menyebut dirinya memiliki pengalaman mengemudi kendaraan-kendaraan besar. Bahkan, kata Susi, dia pernah memiliki SIM B. Susi menyebut dulunya suka mengendarai kendaraan besar seperti truk engkel.

"Dulu SIM saya B I, bukan SIM C saja atau SIM A, tapi B I," ucapnya sambil menyebut pengalamannya mengemudi berbagai kendaraan besar.



Simak Video "Ujian SIM Gagal Terus? Jangan Galau, Sekarang Ada 'Bimbel'-nya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)