Misteri Steve Jobs yang Ganti Mobil Tiap 6 Bulan, tapi Tipe dan Warnanya Sama

Tim Detikcom - detikOto
Kamis, 09 Sep 2021 06:49 WIB
SAN FRANCISCO - JANUARY 11:  Apple CEO Steve Jobs delivers a keynote address at the 2005 Macworld Expo January 11, 2005 in San Francisco, California.  (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Steve Jobs selalu ganti mobil setiap enam bulan (Justin Sullivan/Getty Images)
Jakarta -

Steve Jobs pernah punya kebiasaan unik saat masih hidup. Rumor yang beredar bilang dia ganti mobil setiap enam bulan sekali. Apa penyebabnya?

Menjadi orang paling berperan di balik sukses besar Apple, Steve Jobs dikenal punya selera tinggi di dunia otomotif. Dia di antaranya pernah memiliki Mercedes-Benz SL55 AMG, sebuah BMW Z8, Porsche 928, dan Ford Mustang 2002. Selain itu koleksi mobilnya juga termasuk beberapa yang dikategorikan antik dan klasik, semisal Fiat 650 Coupe serta Volkswagen Transporter.

Oleh orang-orang dekatnya dan media, Jobs dianggap sebagai sosok yang 'rumit' dan 'tidak biasa'. Jobs bahkan berpikir kalau motherboard dari perangkat teknologi yang dia garap harus punya wujud indah.

Keunikan lain pria yang tutup usia pada 2011 itu adalah dia suka parkir sembarangan dan terkesan seenaknya. Pria bernama lengkap Steven Paul Jobs itu malah berulang kali parkir di tempat yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas.

Terkait dunia otomotif, ada rumor yang menyebut Jobs selalu mengganti mobil setiap enam bulan. Uniknya, mobil yang dia ganti selalu merek dan tipe yang sama, warnanya pun serupa, yakni Mercedes SL55 AMG berwarna silver. Hal ini dia lakukan selama bertahun-tahun.

Sebelum memilih Mercedes SL55 AMG berwarna silver, Jobs juga tiap enam bulan mengganti Porsche 911 warna hitam.

Dikutip dari Autoweek, kebiasaan Jobs mengganti mobil tiap enam bulan bukan rumor. Itu benar dilakukan Jobs karena sebuah alasan.

Jobs gonta-ganti mobil tiap enam bulan sekali karena dia tak mau memakai pelat nomor kendaraan! Untuk diketahui, di California ada aturan yang membolehkan pemilik mobil baru tidak memasang pelat nomor kendaraan selama enam bulan pertama dia memiliki kendaraan tersebut.

Entah kenapa Jobs sebegitu membenci pelat nomor kendaraan sehingga dia memilih untuk mengganti mobil setiap enam bulan sekali. Untuk memudahkan berganti mobil dengan merek, tipe, dan warna yang sama tiap setengah tahun, Jobs bekerjasama dengan dealer mobil.

Kisah Jobs gonta-ganti mobil setiap enam bulan semata demi tak pasang pelat dikonfirmasi oleh Jon Callas. Dia adalah mantan petugas keamanan di Apple saat Jobs masih aktif bekerja di sana.

Aturan yang dimanfaatkan Jobs untuk terus tidak memasang pelat nomor kendaraan tersebut sudah tak berlaku lagi di California saat ini. Pemerintah setempat mewajibkan setiap dealer yang menjual mobil baru membuat laporan dan akan menerima pelat nomor sementara -- sampai akhirnya pelat nomor tetap diterima pemilik mobil.



Simak Video "Wujud Surat Lamaran Kerja Steve Jobs yang Laku Hampir Rp 5 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)