Hadiri Upacara HUT RI, Wagub Jabar Nyetir 'Mobil Zaman Perang'

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 17 Agu 2021 11:15 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Nyetir Jeep Willys
Wakil Gubernur Jawa Barat Nyetir Jeep Willys. Foto: Dok. Tim Media Wakil Gubernur Jawa Barat.
Bandung -

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menghadiri upacara HUT Ke-76 Republik Indonesia di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, dengan menggunakan mobil klasik. Uu menyetir sendiri mobil klasik Jeep Willys.

Informasi yang diterima detikcom, Uu menyetir mobil Jeep Willys ini dari rumah dinasnya menuju Gedung Sate untuk menghadiri upacara HUT RI. Sesampainya di Gedung Sate, Uu juga menyempatkan diri berpose dengan Jeep Willys.

"Hari ini saya di perjalanan menuju Gedung Sate untuk melaksanakan upacara bendera 17 Agustus, hari yang sangat sakral bagi bangsa Indonesia," kata Uu dalam video yang diterima detikcom, Selasa (17/8/2021).

Wakil Gubernur Jawa Barat Nyetir Jeep WillysWakil Gubernur Jawa Barat Nyetir Jeep Willys Foto: Dok. Tim Media Wakil Gubernur Jawa Barat

"Dengan memakai kendaraan Jeep Willis, layaknya mobil perang zaman dahulu," katanya.

Disebutkan, Jeep Willys tahun 1950 ini merupakan mobil koleksi Wagub Jabar. Jeep Willys yang dikendarai Uu tampil ala mobil militer dengan warna hijau dan tanpa pintu. Mobil ini memiliki atap kanvas yang bisa dibuka.

Uu memang diketahui memiliki beberapa koleksi mobil klasik. Beberapa waktu lalu, Uu menyetir mobil jadul Toyota Kijang KF20 atau yang lebih dikenal dengan nama Kijang Doyok. Uu mengaku mobil tersebut merupakan mobil pertama milik kakeknya Almarhum KH. Choer Affandy, pendiri Pesantren Miftahul Huda, Manonjaya Tasikmalaya.

Dengan mobil jadul miliknya itu, Uu pernah mengalami cerita unik ditolak parkir di tempat VVIP saat menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya.

"Sering di saat ada acara saya datang ke tempat, tidak pakai apa-apa, tidak pakai yang lain, saat parkir 'pak punten ini untuk parkir mobil pak Bupati, bapak ke belakang', ya saya mundur saja ke belakang," kata dia seperti dilihat dalam video di akun instagram pribadinya @ruzhanul, Rabu (6/1/2021).

Tak cuma Kijang Doyok, Uu dikenal hobi mengoleksi mobil-mobil antik lainnya. Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya @ruzhanul beberapa waktu lalu, rekan kerja Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tersebut mengatakan butuh montir atau orang ahli untuk menghidupkan mobil jadulnya yang berjuluk 'Si Jago Merah'.

Uu juga sering membagikan momen naik Vespa berkelir silver di Instagramnya. Dia menceritakan pengalamannya ketika Vespa mogok dan sulit dinyalakan.



Simak Video "Wagub Uu Sidak SD di Tasik yang Terhalang Benteng, Warga Minta Mendobrak"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)