Intip Garasi Ridwan Kamil yang Siap Maju Pilpres 2024

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 03 Jun 2021 13:58 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kiri) dan komunitas mengendarai sepeda motor mengelilingi Bandung, Jawa Barat, Minggu (11/11/2018). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Deklarasi Jabar Kondusif yang diikuti 195 komunitas untuk menjaga suasana yang nyaman dan aman guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nz.
Foto: Dok. Antara FOTO/Wahyu Putro/Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan pengendara sepeda motor dari berbagai komunitas mengelilingi Bandung sambil naik motor, Minggu (11/11/2018).
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil jadi sorotan usai menyatakan kesiapannya pada bursa pemilihan presiden (pilpres) 2024. Meniliki sisi lain Kang Emil --sapaan akrabnya, memang lekat dengan dunia otomotif khususnya roda dua. Well, ada apa saja isi garasinya selain Royal Enfield?

Mencukil laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), Kamis (3/6/2021) Ridwan Kamil tercatat memiliki total kekayaan sebesar Rp 20 miliaran, tepatnya Rp 20.185.109.678. Harta tersebut disampaikan pada 31 Maret 2021 periodik 2020.

Dari total kekayaannya tersebut Rp 525 juta merupakan alat transportasi dan mesin. Kebanyakan isi garasi yang dimilikinya merupakan sepeda motor.

Pertama, tentu tidak asing lagi ialah Royal Enfield, sebab tunggangan tersebut kerap diunggah melalui jejaring sosial instagram pribadinya. Ya, itu adalah Royal Enfield Classic Battle Green, sebuah motor bergaya klasik dengan kapasitas mesin 500 cc satu silinder.

Motor yang dimiliki Kang Emil tersebut merupakan lansiran tahun 2018 dengan harga yang ditaksir Rp 82,9 juta.

Motor lain yang terdaftar atas milik suami dari Atalia Praratya ini ialah skutik entry level Honda BeAT, motor skutik 'sejuta umat' karena penjualannya laris di Indonesia. Motor milik Kang Emil itu merupakan keluaran tahun 2018 dengan harga ditaksir Rp 9,9 juga.

Selain Royal Enfield, rupanya Gubernur Jawa Barat ini juga memiliki motor bergaya retro modern lain, yakni Kawasaki W175. Tentu saja kapasitasnya lebih kecil dari moge Royal Enfield milik Ridwan Kamil, W175 dibekali 4-tak SOHC satu silinder, berpendingin udara, dengan kapasitas 177 cc. Kawasaki W175 milik Ridwan Kamil itu merupakan keluaran tahun 2019. Harganya ditaksir Rp 32,7 juta.

Motor sudah, kali ini tentang mobil. Hanya tercatat satu unit, yakni SUV asal Korea Selatan, Hyundai Santa Fe tahun 2017 dengan harga Rp 400 juta. Tidak terdaftar mobil lain yang mengisi garasi Ridwan Kamil.

Diberitakan detikcom sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil blak-blakan soal maju pilpres pada 2024. Dia menyatakan akan menjalaninya bila takdir mengizinkan.

"Saya sudah dua kali pilkada ya, di pilwalkot ada pengalaman, di pilgub ada pengalaman. Kalau nanti ada takdirnya, kita ikuti takdirnya dengan sebaik-baiknya," ucap Kang Emil, sapaannya.

Hal itu disampaikan Kang Emil dalam podcast 'Indonesia Rakyat Club' di Seru Channel yang ditayangkan di YouTube Transvision Official pada Rabu (2/6/2021).



Simak Video "Kian Mesra, PAN Tegaskan Belum Ada Deal Politik dengan Ridwan Kamil"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)