Mau Curi Ilmu dari 'Dokter' Harley-Davidson Gratis? Begini Caranya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 02 Apr 2021 18:29 WIB
Boyke Soerianata, Dokter Harley-Davidson di AS
Foto: Dok. Pribadi Boyke Soerianata
Jakarta -

Boyke Soerianata, pria kelahiran Jakarta dan besar di Bandung kini menjadi master teknisi Harley-Davidson di Amerika Serikat. Setelah 15 tahun berkiprah di Negeri Paman Sam, Boyke ingin berbagi ilmu kepada teknisi di Indonesia.

Sebagai Putra Pasundan yang besar dan bertumbuh dewasa di kota Bandung, Boyke ingin meneruskan amal ibadah yang tidak akan terputus jika meninggal dunia kelak, yaitu ilmu yang bermanfaat. Ayah tiga anak tersebut sedang membuka sekolah online untuk mereka yang ingin tahu seputar teknisi dan Harley-Davidson. Sekolah online itu gratis.

"Aku ingin banget teman-teman (di Indonesia) mengetahui tata cara profesionalisme dan kerja di Harley-Davidson. Dari November aku pulang ke Indonesia aku udah rancang, aku undang teman-teman, bengkel-bengkel kecil, motor kecil, non-Harley-Davidson. Aku undang 10 orang hadir dari berbagai daerah, Jakarta, Bandung, Bogor, Jawa Tengah, aku ngadain coaching clinic di kafe. Aku kupas tata cara inspection dan service Harley-Davidson. Dari situ satu hari full aku tanggung biaya-biaya semuanya. Akhirnya teman-teman menyambut baik, mereka tanya kenapa nggak buka sekolah. Memang aku ada rencana untuk membuka sekolah," cerita Boyke kepada detikcom, Kamis (1/4/2021).

Sekolah Online Mekanik Harley-Davidson ini diberi Nama SOKB, singkatan dari Sekolah Online Kang Boyke. Sekolah online pelatihan teknisi ini sudah dilakukan sejak Februari dan sudah rampung 500 orang siswa. Itu sudah mewakili 21 provinsi di Indonesia dari Aceh sampai Papua, dari TKI di Malaysia, Jepang, dan Korea, bahkan ada rekannya dari Amerika juga.

"Ada yang anak SMA, dia tanya bagaimana biayanya. Aku bilang gratis. Nggak ada bayaran, aku intinya mau membantu. Kalau nggak gratis gimana. Di pandemi ini kan kita sudah terpuruk, kondisinya sudah parah apalagi nyari uang, apalagi ngeluarin uang, jadi aku mengerti. Alhamdulillah aku ada rezeki, ya aku support semuanya," ujarnya.

Sampai saat ini, sekolah online yang dibuka Boyke sudah memasuki masa orientasi ketiga. Menurutnya, sudah sekitar 700-an orang yang mengikutinya. Lalu, bagaimana jika ingin ikut sekolah online teknisi yang diadakan Boyke?

Menurut Boyke, Anda bisa follow instagram SNCO Edutainment di @sncoedutainment. Setelah melakukan registrasi, Anda akan dikumpulkan dalam grup Telegram.

"Itu cara belajarnya lewat streaming, StreamYard. Dari streaming ini masuknya ke Facebook private. Semua teman-teman masuk di Facebook private, bisa masuk di sana di streaming," katanya.

"Intinya ada beberapa proses, saat ini online, setelah 3 bulan edukasi online, aku akan join bersama teman-teman aku di bengkel Harley Jakarta atau Bandung buat coaching clininc."

Objektif dari sekolah online ini adalah untuk menyebarkan ilmu soal teknisi dan Harley-Davidson. Dia harap, banyak orang Indonesia yang bisa terangkat derajat ekonominya setelah mengikuti sekolah online ini.

"Target aku mempunyai benih-benih teknisi yang ada di pelosok Indonesia, Jakarta, Aceh, Papua dan lain-lain. Harus tahu ilmu-ilmu tentang Harley, setelah itu mereka akan berbagi sama teman-temannya. Kalau sudah pintar dia akan bertumbuh, tadinya dia kerjannya di (mengoprek motor) Mio misalnya, akhirnya dia punya ilmu di Harley, ada community di daerah-daerah dia bisa servis, ekonominya naik akhirnya," ucap pria yang ingin disapa Kang Boyke itu.



Simak Video "Anggota Geng Harley Keroyok TNI di Bukittinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)