Mengintip Koleksi Mobil Raja Thailand Maha Vajiralongkorn

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 02 Des 2020 18:21 WIB
raja thailand
Mengintip koleksi mobil Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Foto: dw
Jakarta -

Terlahir kaya dan berkuasa, itulah Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. Belakangan ia tengah menjadi sorotan lantaran kelompok pro-demokrasi menuntut agar Raja Maha Vajiralongkorn melepas kuasa atas kekayaan monarki serta kontroversi yang melibatkan selir-selirnya. Melirik sisi lain pria berusia 68 tahun ini, bagaimana seleranya?

Dikutip dari berbagai sumber ada beberapa mobil yang kerap digunakan Raja Vajiralongkorn. Berikut rangkumannya.

Mobil pertama ialah Mercedes-Benz Maybach s600 Pullman. Mobil sedan panjang ini memang dikhususkan bagi kepala negara, maupun kerajaan di seluruh dunia.

[Gambas:Instagram]



Selain mobil terbaru, Raja Vajiralongkorn juga memiliki mobil klasik yang tak sembarangan , yakni Rolls Royce Silver Cloud III 1964 hingga Cadillac Convertible tahun 1960 yang biasa digunakan ketika dalam upacara resmi, misalnya pada 18 Januari 2020 lalu ini.

[Gambas:Instagram]



[Gambas:Instagram]



Mercedes Maybach 62 kelir krem-lah yang menjadi pilihan Raja Thailand sebagai mobil untuk menemani kegiatannya sehari-hari. Harganya mencapai Rp 6,78 miliar. Mobil tersebut kabarnya juga sering digunakan mendiang Raja Bhumibol Adulyadej ketika sedang melakukan perjalanan.

[Gambas:Instagram]


Raja Vajiralongkorn juga memiliki banyak koleksi mobil, termasuk banyak model klasik, seperti Rolls-Royce Corniche, Rolls-Royce Panthom VI, Rolls-Royce Silver Spur stretch limousine, Rolls-Royce Silver Spur Park Ward. Banyak kendaraan yang dulunya milik ayahnya, dan beberapa mobil modern seperti Mercedes-Benz, BMW, Porsche, Ferrari, Cadillac dan lain-lain.

Dilansir dari Los Angeles Times, Rabu (2/12/2020). Raja Thailand Maha Vajiralongkorn adalah raja terkaya di dunia.

Raja Thailand Dituntut Kembalikan Aset Monarki Ke NegaraRaja Thailand Vajiralongkorn Foto: DW (News)

Ia tercatat memiliki akses ke salah satu kekayaan kerajaan terbesar di dunia, yakni sebuah perusahaan induk rahasia. Perusahaan tersebut sarat dengan saham di perusahaan blue-chip Thailand dan tanah utama di jantung kota Bangkok. Total kekayaannya mencapai US$ 30 miliar atau setara Rp 439 triliun. Sejumlah sumber bahkan menyebut kekayaannya mencapai US$ 43 miliar.

Vajiralongkorn yang naik takhta setelah kematian ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadec pada 2016 lalu, mengalihkan semua kepemilikan di perusahaan besar yang dikenal sebagai Biro Properti Mahkota (CPB) senilai US$ 70 miliar setara Rp 1.024,7 triliun (kurs Rp 14.639/US$) ke kepemilikan pribadinya.

Hal itulah yang jadi fokus gerakan pro-demokrasi yang menuntut transparansi keuangan monarki dan batasan kekuasaan yang sangat luas.



Simak Video "Pengampunan Raja Thailand Untuk Eks Selir yang Ambisi Jadi Ratu"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)