Senin, 31 Agu 2020 15:55 WIB

Turut Berduka, Eks Bos Besar Mitsubishi Meninggal Dunia

Ridwan Arifin - detikOto
Osamu Masuko mundur dari jabatannya di Mitsubishi dengan alasan kesehatan. Osamu Masuko Foto: reuters
Jakarta -

Eks bos besar Mitsubishi Motors Corp (MMC), Osamu Masuko meninggal dunia. Osamu Masuko meninggal karena insufisiensi jantung pada 27 Agustus di usia 71 tahun.

Sebelumnya pada bulan Agustus ini, Osamu Masuko mengundurkan diri sebagai chairman of the board dan perwakilan pejabat eksekutif MMC karena alasan kesehatan. Posisinya kemudian digantikan Takao Kato.

"Atas nama almarhum mantan Pimpinan, Pak Masuko, kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus atas kemurahan hati yang dia dan MMC terima," ungkap Takao Kato, representative executive officer, chief executive officer, MMC dalam keterangan resminya, Senin (31/8/2020).

Penjagaan dan pemakaman pribadi diselenggarakan oleh kerabat dekat.

Osamu Masuko punya andil penting bagi Mitsubihsi. Ia diangkat sebagai presiden MMC pada Januari 2005.

Selama menjabat 16 tahun sebagai Presiden dan CEO, Masuko memimpin perusahaan di berbagai bidang termasuk pengenalan kendaraan ramah lingkungan yang canggih seperti EV dan PHEV, serta perluasan produksi dan penjualan di kawasan Asean.

Masuko juga memimpin pengembangan kendaraan ramah lingkungan yang canggih termasuk kendaraan listrik yang diproduksi secara massal pertama di dunia, i-MiEV, serta EV hybrid plug-in SUV 4WD pertama di dunia, Outlander PHEV. Seperti diketahui, perusahaan ini meluncurkan i-MiEV -kendaraan listrik produksi massal pertama pada 2009, yang diikuti oleh Outlander PHEV pada 2013.

Selain itu, Masuko juga telah membangun hubungan yang solid dengan manajemen mitra, perusahaan Aliansi, dan Grup Mitsubishi melalui komunikasi yang baik dengan memanfaatkan kepribadian dan koneksi yang luas.

"Selama masa jabatannya selama sekitar 16 tahun di MMC, Masuko membuat pencapaian besar dengan sepenuhnya menunjukkan keterampilan manajemennya, yang juga memungkinkan perusahaan untuk mengatasi kesulitan," tulis Mitsubishi dalam keterangan resminya.



Simak Video "Perkenalkan! Xpander dan Xpander Cross Spesial Bernuansa Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com