Ini Cara Kim Jong Un Dapat Mobil Mewah Meski Dilarang PBB

M Luthfi Andika - detikOto
Senin, 27 Apr 2020 11:22 WIB
Mercy Kim Jong Un
Saat Kim Jong Un Bersama Mercedes Foto: Screenshot Youtube Daily Mail
Jakarta -

Rumor wafatnya Kim Jong Un menarik untuk disimak, mengingat orang nomor satu di Korea Utara ini menjadi salah orang terkuat di dunia. Namun tidak hanya soal dirinya, soal kepemilikan kendaraan Kim Jong Un juga menarik untuk disimak. Karena memang seharusnya Kim tidak bisa menerima barang atau kendaraan mewah dari negara manapun berdasarkan keputusan PBB.

Akan tetapi kenyataannya pada 2018 lalu, Mercedes-Maybach S600 Guard sampai di Korea Utara dan menjadi milik Kim Jong Un. CNN pun mengungkapkan bagaimana Kim Jong Un bisa memiliki Mercedes-Maybach S600 Guard.

Dikatakan untuk bisa memiliki mobil super mewah dan aman, Kim Jong Un harus bersabar hingga berbulan-bulan. Karena mobil ini harus melalui setidaknya 6 negara sebelum bisa sampai ke Korea Utara, berdasarkan data Center for Advanced Defense Studies (C4ADS) yang berbasis di Washington.

Mercedes Kim Jong UnMercedes Kim Jong Un Foto: Screenshot Youtube Daily Mail

Dikatakan, Mercedes-Maybach S600 Guard ini harus terbang diawali dari Dutch Port of Rotterdam, menuju China, Jepang, Korea Selatan dan Rusia, hingga baru sampai ke Pyongyang, Korea Utara. Jika dilihat dari perjalanan ini, sangat memungkinkan hanya Kim Jong Un yang bisa melakukannya di Korea Utara.

C4ADS menemukan bahwa Korea Utara mengimpor setidaknya $ 191 juta barang mewah dari 2015 hingga 2017, bersumber dari 90 negara dan ini melanggar aturan PBB.

Bisa dipastikan kehadiran Mercedes-Maybach S600 Guard merupakan barang mewah. Karena mobil Ini dilengkapi dengan kursi pijat kulit dan 'baju' besi untuk melindungi penumpang dari amunisi dan perangkat peledak.