Senin, 27 Apr 2020 07:46 WIB

Kim Jong Un yang Dikelilingi Belasan Pengawal di Sekitar Mobilnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kim Jong Un sulap Mercedes Pengawal berjalan mengelilingi mobil Kim Jong Un. Foto: Autoblog
Jakarta -

Kim Jong Un selalu memiliki pengawalan ketat ke mana pun ia pergi. Untuk urusan mobil kepresidenan yang ia gunakan, sistem keamanannya pun berlapis-lapis.

Saat kunjungan ke luar negeri, Kim Jong Un sampai dikawal hingga 35 mobil pengawalan. Mobil mewah Mercedes-Benz yang ia tumpangi tentunya sudah memiliki fitur keamanan yang ekstra untuk seorang petinggi negara.

Namun, fitur keamanan pada mobil saja belum cukup. Pengawal Kim sampai berlari-lari mengelilingi mobil Kim Jong Un ketika melaju pelan.

Saat kunjungannya ke Singapura beberapa tahun lalu, misalnya. Tidak cukup dengan 35 mobil pengawal termasuk dari kepolisian Singapura, Kim pun mendapat pengawalan dari bodyguard-nya yang berpakaian serba rapi.

Belasan pengawal Kim Jong Un itu tidak naik mobil atau motor. Mereka berjalan atau berlari kecil di sekitar mobil Kim Jong Un.

Mercy Kim Jong Un yang dikelilingi belasan pengawal. Mercy Kim Jong Un yang dikelilingi belasan pengawal. Foto: Screenshot Youtube Daily Mail

Tak cuma pengawalan ketat, selama perjalanan darat pakai mobil, Kim Jong Un juga selalu membawa toilet berjalan. Kim kabarnya menyulap mobil Mercedes-Benz iring-iringan presiden menjadi toilet berjalan, seperti dilansir Autoblog beberapa waktu lalu.

"Daripada menggunakan toilet umum, pemimpin Korea Utara memiliki toilet pribadi yang mengikuti ke mana pun ia pergi," ungkap seorang pengungsi Korea Utara yang pindah ke Korea Selatan Lee Yun-keol.

Memang isu soal toilet berjalan Kim itu didapat dari mereka yang pernah bekerja sebagai paspampres seperti Lee. Sempat pula dilansir oleh Daily NK, karena masalah keamanan maka mereka enggan menggunakan toilet sekalipun itu di rumah warga.

"Air seni bekas presiden itu memiliki informasi sangat penting terkait dengan status kesehatan presiden, jadi mereka tak bisa sembarangan," kata Lee.



Simak Video "Kim Jong-un Ngamuk Gegara Pembangunan Rumah Sakit"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com