Senin, 24 Feb 2020 11:28 WIB

Ini Baru Sultan Beneran, Legenda 11 Ferrari F40 Milik Sultan Brunei

Doni Wahyudi - detikOto
Ferrari F40 Sultan Brunei Hassanal Bolkiah kabarnya memiliki 11 buah Ferrari F40 (motor1)
Jakarta -

Ini adalah cerita legendaris soal 11 buah Ferrari F40 kepunyaan Sultan Brunei - di antara ribuah mobil mewah koleksi pribadinya.

Sultan Brunei Hassanal Bolkiah sudah lama dikenal sebagai salah satu kolektor mobil mewah paling 'gila' di dunia. Kabarnya, dia memiliki ribuan mobil mahal dari berbagai merek, jenis, dan tahun keluaran.

Mercedes-Benz, Ferrari, Bentley, Koenigsegg, Lamborghini, Aston Martin, Jaguar, BMW, sebut semua merek mobil papan atas dan kamu akan bisa menemukannya terparkir di garasi milik Sultan Bolkiah.

Dari ribuah mobil terebut, salah satu yang menarik adalah Ferrari F40 kepunyaan sang sultan. Raja yang disebut-sebut memiliki kekayaan Rp 285 triliun itu bukan cuma punya satu, dua, atau tiga Ferrari F40. Dia punya 11 buah sekaligus, sembilan buah ada di Brunei dan dua lainnya ditinggal di Eropa.

F40 merupakan salah satu mobil paling legendaris yang pernah diproduksi Ferrari. Selain menjadi perayaan 40 tahun Ferrari, itu sekaligus menjadi mobil terakhir yang dibangun saat Enzo Ferrari masih hidup. Di seluruh dunia cuma tersedia 1.315 unit, dengan harga termahal yang terjual pada 2015 senilai US$ 1,24 juta (sekitar Rp 17,2 miliar),

Ferrari F40 diproduksi tahun 1987 sampai 1992Ferrari F40 diproduksi tahun 1987 sampai 1992 Foto: motor1



Yang membuatnya jadi legendaris bukan sekadar jumlahnya yang ada 11. Tapi bagaimana sultan memodifikasi Kuda Jingkrak yang diproduksi sebagai perayaan 40 tahun Ferrari tersebut sesuai dengan keinginannya.

Pertama, Sultan Bolkiah meminta sebagian besar Ferrari F40 tersebut diubah menjadi setir kanan (padahal Ferrari merilis seluruh F40 dengan setir kiri). Tak selesai sampai di situ dia juga meminta secara khsusus cat merah khas Ferrari diganti dengan warna-warna lain sesuai keinginannya - yang sejatinya tidak disediakan oleh Ferrari. Itu masih ditambah dengan perubahan interior kulit yang warnanya menyesuaikan kelir body mobil.

Seluruh F40 yang diproduksi Ferrari dari 1987 sampai terakhir 1992 memiliki tiga pilihan jok untuk menyesuaikan lebar bokong pengendaranya. Yakni small, medium, dan large. Tapi oleh Sultan Bolkiah semuanya kena rombak.

Maka sultan pun kini memiliki Ferrari F40 berwarna hitam glossy (dengan interior kulit hitam), hijau emerald (interior kulit hijau), hijau hutan (interior kulit hitam), merah original (interior kulit hitam), putih glossy (interior kulit hitam), hitam mate (interior kulit hitam), dan abu-abu (interior kulit hitam).



Seluruh mobil itu juga dilengkapi dengan ac, pemutar radio, electric windows, dan stir yang bisa diubah posisinya.

Bukan cuma tampilan F40 yang dimodifikasi Sultan Bolkiah. Beberapa mobilnya itu juga mendapat suntikan performa, seperti perubahan sistem knalpot dan upgrade Electronic Control Units (ECU).

Dikutip dari Jalopnik, dari 11 Ferrari F40 kepunyaan Sultan Bolkiah, tujuh di antaranya merupakan hasil modifikasi bengkel modifikasi dan desain Pininfarina. Sementara yang lainnya hasil modifikasi di Inggris.

Yang lebih menarik lagi, sebagian besar Ferrari F40 tersebut masih menunjuk angka 0 pada odometernya. Alias belum dipakai sama sekali.

Sultan, sih, bebas.



Simak Video "Momen Sultan Brunei Jenguk Wiranto di RSPAD"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com