Selasa, 11 Feb 2020 14:11 WIB

Cerita Juan Manuel Fangio, Satu-satunya Juara Dunia F1 yang Jadi Korban Penculikan

Doni Wahyudi - detikOto
SOCHI, RUSSIA - SEPTEMBER 29: Sebastian Vettel of Germany driving the (5) Scuderia Ferrari SF90 and Charles Leclerc of Monaco driving the (16) Scuderia Ferrari SF90 battle for position at the start during the F1 Grand Prix of Russia at Sochi Autodrom on September 29, 2019 in Sochi, Russia. (Photo by Clive Mason/Getty Images) Ada juara dunia F1 yang pernah jadi korban penculikan (Clive Mason/Getty Images)
Jakarta -

Tak banyak yang tahu kisah ini. Seorang juara dunia Formula 1 pernah juga jadi korban penculikan.

Juan Manuel Fangio adalah salah satu pebalap F1 terbaik sepanjang sejarah. Driver asal Argentina itu punya lima gelar juara dunia yang dia raih di periode 1950-an. Tercatat dia sempat membela Alfa Romeo, Maserati, Mercedes, dan Ferrari.

Fangio jadi korban penculikan pada tahun 1958, saat seri F1 digelar di Kuba. Dikutip dari history.com, Fangio dibawa dari hotel tempat dia menginap di Havana sehari sebelum balapan.

Pelaku penculikan adalah kelompok pemberontak yang ketika itu dipimpin Fidel Castro. Penculikan dilakukan dengan tujuan membuat malu pemerintah Kuba saat itu, yang dipimpin Presiden Fulgencio Batista.



Sejarah kemudian mencatat Castro bisa menjungkalkan pemerintahan Batista pada 1 Januari 1959.

Kembali ke kasus penculikan, Fangio dikembalikan tanpa mengalami luka apapun beberapa jam setelah balapan selesai digelar. Saat itu Fangio menolak membeberkan siapa pelaku penculikan dirinya.

Sebaliknya, Fangio malah bersimpati dengan pergerakan yang terjadi di negara tersebut. Beberapa waktu berselang dia kembali ke Kuba dengan status tamu negara.



"Dua mimpi besar sudah berhasil terwujud untuk saya, kembali ke Kuba dan bertemu Fidel Castro," ucapnya dikutip dari ESPNFC.

GP Kuba yang dilangsungkan tanpa Fangio berjalan tragis. Pebalap Ferrari, Armando Garcia Cifuentes, mengalami kecelakaan hebat yang menyebabkan enam penonton tewas.



Simak Video "GP Kanada Ditunda, F1 2020 Kembali Molor"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com