Selasa, 31 Des 2019 11:00 WIB

Mantan Bos Nissan: Saya Kabur dari Ketidakadilan

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Etienne Laurent/Pool via Reuters
Beirut - Mantan bos Nissan, Carlos Ghosn mengakui dirinya sudah tak lagi berada di Jepang. Dia sekarang berada di kampung halamannya di Lebanon. Ghosn merilis pernyataan sesaat setelah media internasional merilis 'kaburnya' dia dari Jepang.

"Saya sekarang berada di Lebanon dan tidak lagi disandera oleh sistem peradilan Jepang yang diskriminatif, dimana hak asasi manusia yang paling dasar ditolak, dengan mengabaikan kewajiban hukum Jepang berdasarkan hukum internasional dan perjanjian itu terikat untuk ditegakkan," kata Ghosn seperti dilansir dari CNBC.



"Saya tidak melarikan diri dari keadilan, saya melarikan diri dari ketidakadilan dan persekusi politik. Saya sekarang bisa bebas berkomunikasi dengan media dan akan memulainya minggu depan," imbuh Ghosn.

Carlos Ghosn sebelumnya dilaporkan minggat dari Jepang dengan jet pribadi menuju Lebanon melalui Turki. Dia seharusnya tengah menunggu proses peradilan di Jepang dan tidak diperkenankan meninggalkan Jepang setelah bebas dengan uang jaminan beberapa bulan lalu. Ghosn dituding melakukan manipulasi laporan keuangan agar mendapatkan keuntungan dari Nissan. Ghosn pun beberapa kali membantah manipulasi ini.



Simak Video "Mantan Bos Nissan Carlos Ghosn Diburu Interpol"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com