Senin, 21 Okt 2019 16:11 WIB

Kiprah Rahardi Ramelan di Dunia Otomotif

Sudrajat - detikOto
Mantan Menperindag/Kabulog Prof Rahardi Ramelan. Foto: Dok.pribadi Mantan Menperindag/Kabulog Prof Rahardi Ramelan. Foto: Dok.pribadi
Jakarta - Mobil pertama yang dimiliki Rahardi Ramelan adalah Fiat 2300. Mobil bekas itu dibelinya di Dusseldorf, Jerman Barat dari uang saku selama job training di pabrik pesawat Fokker, Belanda pada 1967. Tapi karena butuh uang untuk biaya pernikahan dengan dokter Tumbu Tri Iswari Astianni pada 12 September 1969, mobil tersebut terpaksa dijualnya.

Tapi begitu terlibat dalam proyek pembuatan pesawat Airbus A300B di Hamburg, Jerman atas permintaan BJ Habibie, dia kembali membeli Fiat. Kali ini seri 850 Sport Coupe keluaran 1966 menjadi pilihannya.



Saat dibawa berkeliling ke sejumlah negara di Eropa, mobil itu sempat mogok ketika memasuki Utrecht, Belanda. Saat diperiksa rupanya gardannya patah dan gigi-giginya sudah aus. Dia meminta agar montir di bengkel terdekat untuk mengelas gardan, lalu melanjutkan perjalanan.

"Teknisi bengkel setuju dan bilang, mobil masih bisa dipakai ribuan kilometer lagi. Tapi kepada istri saya mengatakan mobil harus diganti begitu tiba di Butehude (kediamannya di Jerman)," tutur Rahardi dalam memoar, "Yang Saya Ingat".



Buku itu diterbitkan dalam rangka ulang tahun Rahardi Ramelan ke-80, sekaligus ulang tahun pernikahan ke-50. Buku setebal 295 halaman ini juga mengungkapkan kiprah Rahardi di bidang teknologi, khususnya otomotif.

Sebagai insinyur teknik mesin lulusan Czech Techincal University Praha, 1964, dia pernah terlibat dalam pembuatan mobil Skoda. Ketika kembali ke tanah air, dia juga pernah ditugasi untuk merancang pembuatan truk berbasis Zastava, truk buatan Yugoslavia.

"Saya sudah mempreteli engine Zastava, tapi upaya produksi truk nasional itu terhenti karena terjadi perubahan arah politik dan target ekonomi," tulisnya dalam memoar, "Yang Saya Ingat".

Simak Video "Blak-blakan Rahardi Ramelan: Mengenang Habibie dan Saddam Hussein"
[Gambas:Video 20detik]
(jat/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com