Senin, 21 Okt 2019 13:08 WIB

Koleksi Mercy Tua Rahardi Ramelan

Sudrajat - detikOto
Foto: Screenshoot 20detik Foto: Screenshoot 20detik
Jakarta - Saat menjabat Wakil Ketua Bappenas, Maret 1993-Maret 1998, Rahardi Ramelan biasa mengemudikan sendiri Mercedes 280S berwarna merah marun ke kantornya di kawasan Taman Suropati. Rahardi memastikan mobil bermesin 6 silinder produksi 1969 itu kondisinya masih apik. Sebab dia sendiri yang biasa merawat semua mobil di rumahnya. Maklum, Rahardi adalah insinyur mesin lulusan Czech Tehnical Instute, Praha, Cekoslowakia.

"Saya masih suka pakai mobil ini," kata lelaki kelahiran Sukabumi, 12 September 1939 itu.

Ia mengungkapkan Mercy tersebut merupakan hadiah dari istrinya, dr Tumbu Tri Iswari Astianni.



Sang istri membelinya saat tengah melintas di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada akhir 1992. Si pemilik rupanya butuh uang tunai mendesak sehingga menjajakan mobilnya di pinggir jalan. Setelah memperhatikan kondisi fisik dan mesinnya masih bagus, dia mengajukan penawaran.

"Ternyata harganya cocok, ya sudah aku beli buat hadiah dia," kata Tumbu seraya menunjuk Rahardi. Saat ditemui detikOto di kediamannya, kawasan Cimanggis-Depok, Jumat pekan lalu, dokter ahli anastesi lulusan Moskow itu tak menyebutkan harga mobil tersebut.

Total ada enam Mercy di garasi kediaman Rahardi-Tumbu. Selain Mercedes 280S, ada 220-S produksi 1955, dan Mercy Tiger 240D keluaran 1983. Tiga Mercy lainnya berusia lebih muda, seperti R80 yang merupakan milik Tumbu.



"Dari mobil-mobil produksi Jerman, saya menilai Mercedes memang yang terbaik," ujar Rahardi soal alasannya mengoleksi Mercy.

Toh begitu, dia juga mengaku pernah memiliki BMW warna kuning untuk ke kantor.

Selain itu dia juga pernah punya Toyota Land Cruiser yang pernah dia gunakan untuk pelesiran ke Bali bersama istrinya tak lama setelah keluar dari LP Cipinang, pertengahan 2006. "Saya berdua saja, napak tilas semasa bulan madu," ujarnya. Ia menikahi Tumbu, putri Brigjen Kun Kamdani pada 12 september 1969.

Simak Video "Blak-blakan Rahardi Ramelan: Mengenang Habibie dan Saddam Hussein"
[Gambas:Video 20detik]
(jat/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com