Kamis, 03 Okt 2019 16:44 WIB

Sejarah Mobil Rakyat Milik Puan Maharani

Ridwan Arifin - detikOto
VW Karmann Ghia type 34 di pabrik Osnabruck Jerman Foto: Volkswagen VW Karmann Ghia type 34 di pabrik Osnabruck Jerman Foto: Volkswagen
Jakarta - Ketua DPR RI yang baru saja dilantik, Puan Maharani diketahui memiliki mobil klasik dengan merek Volkswagen yang dalam bahasa Jerman berarti mobil rakyat.

Mencuplik data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) salah satu mobil rakyat asal Jerman tersebut adalah VW Karmann Ghia lansiran tahun 1961, harga yang ditaksir Rp 61 Juta. Karmann Ghia sendiri aslinya merupakan gabungan dari 2 nama orang yang berperan dalam pengembangan mobil.

Aneka model VW Karmann Ghia mulai dari atap terbuka sampai tertutup di pabrik VW di Kota Osnabruck, JermanAneka model VW Karmann Ghia mulai dari atap terbuka sampai tertutup di pabrik VW di Kota Osnabruck, Jerman Foto: Volkswagen




Dalam tulisan Lee Thomas Hedges di majalah VW Trends Magazine terbitan Mei 1996, disebutkan pengembangan mobil dimulai tahun 1950 setelah Perang Dunia. Saat itu Volkswagen mulai mencoba bangkit dari keterpurukan akibat Perang Dunia II.

Pemimpin perusahaan VW saat itu, Heinz Nordhof menginginkan pengembangan mobil sport berbasis VW Beetle. Model ini akan melengkapi lini model VW, sebuah mobil sport untuk melengkapi VW Beetle dan Cabriolet. Nordhof kemudian berdiskusi dengan Karmann Coachwerks GmbH, Dr. Wilhelm Karmann.

"Mobil Sports Convertible dari sasis VW Beetle, terlihat sporty seperti sebuah roadster," ujar Karmann.

Karmann segera mulai bekerja dengan Direktur Pengembangan Produk VW, Ludwig Boehner, yang memiliki ide sendiri tentang seperti apa bentuk mobil sport VW.



Tanpa batas waktu yang telah ditentukan, mereka bekerja dari tahun 1950 hingga 1952 pada proyek khusus ini. Beberapa ide dikembangkan yang diterjemahkan ke dalam model tanah liat skala kecil, tetapi tidak satu pun dari desain ini dapat diterima oleh Norrdhoff dari Karmann.

VW Karman Ghia di pabrik VW di Kota Osnabruck, JermanVW Karman Ghia di pabrik VW di Kota Osnabruck, Jerman Foto: Volkswagen


Sebab disebutkan sasis Beetle menimbulkan kesulitan dalam desain tubuh sporty yang ramping, dan Karmann mulai frustrasi dengan proyek ini.

Hingga akhirnya Karmann bekerja sama dengan Carrozzeria Ghia yang merupakan salah satu perusahaan desain mobil paling terkemuka di Italia. Apalagi Dr. Karmann berteman baik dengan Direktur Komersial Ghia, Luigi Segre, dan memprakarsai diskusi tentang proyek desain mobil sport VW yang rahasia pada tahun 1952.

Mobil ini cukup banyak penikmatnya di tanah airMobil ini cukup banyak penikmatnya di tanah air Foto: Rangga Rahadiansyah


Kurang dari setahun setelah Dr. Karmann memberi Segre lampu hijau untuk merancang mobil sport, Ghia mengundang Karmann ke diler Charles Ladouche di Paris, Prancis untuk pertemuan rahasia pada bulan September 1953. Di sana Karmann tertarik dengan salah satu Coupe yang menjadi cikal bakal VW Karmann Ghia.

Karmann digambarkan terkejut, senang, dan gembira dengan gaya tubuh baru yang indah tersebut, ia kemudian segera mengatur untuk membeli prototipe dari Ghia.

Pada 16 November, Nordhoff dan Feuereisen diundang ke Osnabruck untuk pembukaan besar-besaran. Setelah hanya beberapa menit inspeksi, berjalan di sekitar prototipe perlahan-lahan, Nordhoff berseru, "Saya harus mengakui bahwa itu adalah mobil yang sangat indah, tetapi jauh terlalu mahal."

Dr. Karmann megap-megap, "Bagaimana Anda bisa mengatakan itu, ketika saya bahkan belum bilang berapa biayanya! "

Setelah menegosiasikan persyaratan Karmann untuk membangun model uji Coupe, membuat perkakas dan meningkatkan produksi, Nordhoff setuju bahwa memproduksi sports Coupe ini memang masuk akal dan kompetitif.

VW dan Karmann menandatangani kontrak untuk produksi massal Coupe baru pada akhir tahun 1953. Dalam kontrak, mereka memutuskan untuk mengikuti rencana konstruksi VW Beetle Cabriolet, yaitu untuk memiliki VW memasok sasis dan semua komponen mekanik ke Karmann, dan kemudian Karmann akan memproduksi bodi dan memasukkan semua bagian yang diperlukan ke dalam mobil lengkap untuk dibagikan kembali ke VW.

Mobil itu akan membawa ketiga nama pencetusnya, VW, Karmann, dan Ghia, dan dengan demikian VW Karmann Ghia Coupe lahir.

Karmann Ghia akan secara resmi diperkenalkan kepada publik pada 14 Juli 1955. Kemudian pada Oktober 1955, mobil-mobil itu tersedia untuk dijual di dealer-dealer Jerman, dan pada akhir tahun Karmann telah menghasilkan 500 Coupe.

Simak Video "Puan: DPR Tugasnya Mengawasi Pemerintah, Bukan 'Tukang Stempel'"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com