Kamis, 12 Sep 2019 07:14 WIB

BJ Habibie dan Koleksi Mobil Mercy Antiknya

Dina Rayanti - detikOto
Garasi rumah BJ Habibie. Foto: Screenshot Youtube Zaskia Adya Mecca Garasi rumah BJ Habibie. Foto: Screenshot Youtube Zaskia Adya Mecca
Jakarta - Mobil Jerman Mercedes-Benz punya daya tarik tersendiri bagi presiden ketiga BJ Habibie. Di garasi rumahnya, Habibie diketahui mengoleksi mobil-mobil premium asal Jerman itu.

Mobil pun mendapat perlakuan istimewa karena diparkir sangat rapi mengikuti garis di sebuah garasi yang bentuknya mirip parkiran sebuah mal.


Koleksi mobil Habibie di garasi itu juga cukup langka. Bahkan ada Mercedes-Benz 300SL Gullwing mejeng di sana. Sekadar informasi, Mercedes-Benz 300 SL Gullwing diproduksi pada tahun 1954-1963. Mobil menggendong mesin enam silinder 2.975cc sehingga bisa menghasilkan tenaga setara 158 KW dan torsi 215 PS.

Selain Mercedes-Benz 300 SL Gullwing ada mobil Mercy lain terpampang rapi di sana dan meski sudah berumur puluhan tahun kondisinya masih mulus.

Tak cuma mobil, Habibie juga memarkir motor gede (moge) antik. Motor diparkir dalam sebuah ruangan yang ditutup oleh kerangkeng tanpa gembok, melainkan sebuah garpu yang diselipkan ke selot.


Koleksi motor pun cukup beragam. Mulai dari moge asal Amerika Harley-Davidson, BMW, juga Kawasaki. Sayangnya Habibie tak lagi bisa melanjutkan hobinya dalam mengoleksi mobil dan motor antik.

Rabu (11/9/2019), BJ Habibie tutup usia. Habibie meninggal di RSPAD Gatot Soebroto dalam usia 83 tahun.

Simak Video "Habibie akan Terus Hidup di Layar Lebar"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com