Selasa, 25 Jun 2019 16:14 WIB

Koleksi Mobil President Yusril Ihza Mahendra

Sudrajat - detikOto
Foto: Screenshoot 20detik
Jakarta - Di halaman depan dan garasi kediaman Prof Yusril Ihza Mahendra terparkir sejumlah mobil aneka merek. Ada Mercedes-Benz S450 dengan inisial namanya, YIM, Toyota Vellfire warna putih, Toyota Hi-Ace, sedan sport mungil warna putih, dan lainnya.

Tapi detikcom lebih tertarik dengan sedan warna hitam dengan momor polisi B 18 NY yang terparkir di halaman depan. Hampir seluruh bodinya masih tertutup sarung. Ternyata mobil itu ditutupi bukan karena masih baru, tapi justru karena tergolong jadul. Mobil itu adalah Nissan President.

Nissan President Koleksi Yusril Ihza MahendraNissan President Koleksi Yusril Ihza Mahendra Foto: Screenshoot 20detik




Mobil Nissan President Koleksi YusrilMobil Nissan President Koleksi Yusril Foto: Screenshoot 20detik


"Itu bekas KTT APEC di Bogor, November 1994. Hibah dari pembeli pertama yang kalau dijual mungkin harganya sekitar Rp 100 juta. Tapi biaya servis dan upgrade lainnya saya habis sekitar Rp 200 juta," kata Yusril diiringi tawa kepada detikcom, Selasa (25/6/2019).

Nissan President Koleksi Yusril Ihza MahendraNissan President Koleksi Yusril Ihza Mahendra Foto: Screenshoot 20detik


Di pasaran harga mobil Nissan President keluaran tahun 1990-an memang berkisar antara Rp 100-200 jutaan.



Dikenal sebagai sedan elegan, Nissan President tercatat hanya diproduksi sampai pada 1965 sampai 2010 lalu. Mobil juga menjadi pesaing mobil mewah lainnya buatan Jepang, macam Toyota Century yang disiapkan sebagai kendaraan orang penting di sana seperti pejabat pemerintah atau pengusaha. Namun tidak seperti Century yang masih diproduksi Toyota hingga saat ini, kiprah mobil dengan logo unik ini digantikan oleh Nissan Fuga.



Nissan Fuga saat pertama kali meluncur tahun 2009 lalu.

(jat/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com