Rabu, 08 Mei 2019 16:09 WIB

Wah, Andrea Dovizioso 'Banting Setir' Jadi Pebalap Mobil?

Luthfi Anshori - detikOto
Andrea Dovizioso dan Audi RS 5 DTM Foto: Audi Andrea Dovizioso dan Audi RS 5 DTM Foto: Audi
Misano - Pebalap tim Ducati MotoGP, Andrea Dovizioso, mengonfirmasi akan pindah tunggangan dari Ducati Desmosedici GP19 ke mobil balap Audi RS 5 DTM. Tapi bukan pindah untuk selamanya ya, Dovisiozo hanya akan menjajal 'kokpit' Audi RS 5 DTM selama akhir pekan bulan Juni, pada tanggal 8 dan 9.

"Saya senang bahwa kami berhasil mendapatkan superstar sungguhan dalam diri Andrea Dovizioso, untuk menjadi tamu di DTM," kata Kepala Audi Motorsport Dieter Gass, melalui keterangan resmi kepada detikcom, Rabu (8/5/2019).



"Pebalap MotoGP adalah pahlawan sejati di Italia. Andrea berasal dari daerah Misano, memenangkan MotoGP di sana tahun lalu. Ini tentu akan menarik banyak penggemar tambahan. Ia sangat fantastis, karena meluangkan waktu untuk DTM di antara dua seri balap MotoGP. Saya ingin mengucap terima kasih, khususnya kepada CEO Ducati Claudio Domenicali dan General Manager Ducati Corse Luigi Dall'Igna, yang mengizinkan. Itu hal besar bagi DTM dan untuk motorsport secara umum," terang Dieter.

Rencananya Dovizioso akan tergabung di tim Audi Sport di DTM untuk satu akhir pekan. Pebalap berusia 33 tahun itu akan mengendarai Audi RS 5 DTM, dan ikut serta dalam memperebutkan trofi di dua seri balapan DTM di Misano (Italia) pada 8 dan 9 Juni.

"Saya suka mobil dan saya merasa beruntung bisa balapan dengan Audi RS 5 DTM. Sulit untuk menemukan waktu untuk mempersiapkannya selama musim MotoGP, tapi saya benar-benar berharap untuk bersaing dalam level tertinggi seperti DTM. Mobil itu sungguh luar biasa, tapi ini tentu adalah tantangan yang berbeda jika dibandingkan Desmosedici GP. Jadi saya melakukan banyak latihan di simulator sebelum mengendarai mobil balap untuk pertama kalinya. Misano adalah trek khusus untuk setiap pembalap Italia. Dan di tempat ini, saya mencetak kemenangan luar biasa di tahun lalu, jadi saya sangat bersemangat dan berterima kasih atas kesempatan ini," terang Dovizioso antusias.

Untuk diketahui, Dovizioso sudah pernah mencoba pengalaman mengendarai Audi RS 5 DTM di Audi's Competence Center Motorsport di Neuburg an der Donau, Jerman, pada hari Selasa setelah musim pembuka DTM.

Sebelum menjalani debut di DTM, sang pembalap Ducati memiliki kesempatan menguji mobil balap bertenaga lebih dari 610 dk, di Sirkuit Misano Marco Simoncelli pada 22-23 Mei 2019.

Di Misano, Dovizioso akan mewakili tim WRT Team Audi Sport untuk menggantikan Pietro Fittipaldi. Pebalap Brasil tersebut langsung mencetak satu poin dan juga mencetak rekor lap baru di DTM. Sayangnya, ia harus melewati balap seri Misano karena berbenturan dengan jadwal balap Grand Prix Formula Satu di Kanada.

Perlu diketahui, Andrea Dovizioso saat ini adalah salah satu pebalap MotoGP paling sukses. Ia sudah mengemas 13 kemenangan Grand Prix dan 53 podium selama kariernya. Dan dalam dua tahun terakhir, ia berhasil meraih runner-up di kejuaraan dunia bersama Ducati.

Setelah empat seri pembuka dari total 19 seri balapan di musim 2019, kini Dovizioso berada di peringkat ketiga klasemen sementara MotoGP, dan hanya selisih tiga poin dari pemimpin klasemen Marc Márquez.

Saat melakukan debut di DTM, Dovizioso akan mengikuti jejak pembalap motor terkenal lainnya seperti John Surtees, Mike Hailwood, dan Johnny Cecotto. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed