Kamis, 04 Apr 2019 16:37 WIB

RX King Masih Nol Kilometer, Dibeli Crazy Rich Priok Rp 75 Juta!

Ridwan Arifin - detikOto
RX King Crazy Rich Priok. Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Yamaha RX King mungkin tidak ada artinya bagi generasi millenial zaman sekarang. Namun bagi mereka yang tumbuh di era tahun 1980 hingga 2000, motor dua tak berkapasitas mesin 135 cc ini masih lekat dengan ingatan, tak terkecuali bagi Ahmad Sahroni yang dijuluki Anak Priok. Roni rela mengocek hingga Rp 75 Juta untuk memboyong Yamaha RX-King yang tampak masih mulus itu.

Pria kelahiran 8 Agustus 1977 ini memiliki kenangan tersendiri pada motor dengan knalpot bising serta buritan asap saat tengah melintas di jalan.


"Saya beli RX-King masih nol kilometer harganya Rp 75 Juta," ujar Sahroni saat berbincang dengan detikcom di kediamannya, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Roni sapaan akrabnya berkisah, motor ini menjadi tunggangannya dikala masih muda, istilahnya saat zaman belum setajir sekarang. Motor dua tak ini menjadi salah satu motor idamannya, namun sayangnya Roni kala itu belum mampu membelinya sendiri, alias meminjam punya teman.

Berjaya di era 90an, motor Yamaha RX King masih sering terlihat wara-wiri di jalan dan kian diburu oleh para pencintanya. Soal harga pun terbilang gelap, dalam kondisi tak terawat dan sekadar lengkap surat-surat saja sudah bernilai. Apalagi versi orisinil sudah pasti diburu kolektor.

"Bukan nilai rupiahnya, saya beli adalah nilai sejarahnya, waktu saat gembel itu sering saya pakai ini motor tapi tidak bisa memiliki nya. Akhirnya saya beli untuk menjadi kenangan hidup saya selama menjadi gembel," ujar Roni.


Dibanderol dengan harga Rp 75 Juta tentu bukan harga yang tidak sembarangan. RX King milik Roni nampak mulus seperti baru keluar dari diler. Motor seharga motor sport 250 cc itu kondisinya tidak pernah dipakai sama sekali sejak dibeli pertama kali atau istilahnya new old stock.

Dengan kelir berwarna merah, joknya pun masih terbungkus plastik. Dan yang membuatnya semakin spesial adalah RX King di garasi miliknya masih nol kilometer alias belum pernah dipakai.


Bila melihat dari tampilan, nampaknya RX King Crazy Rich Priok ini merupakan keluarga New RX King yang mulai diproduksi pada tahun 2006. Hal ini bisa terlihat dari perubahan pencahayaan selama 20 tahun, ciri khas lampu kotak yang sudah berubah menjadi lampu bulat.

Pada zaman tersebut tidak ada perubahan mesin, hanya isu emisi dan regulasi membuat knalpotnya diberikan catalyic converter untuk mengurangi asap putih dikala menggeber motor yang dijuluki motor jambret ini.



Tonton video Lebih Intim dengan Ahmad Sahroni, Sang Crazy Rich Priok:

[Gambas:Video 20detik]

(riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com