Selasa, 12 Mar 2019 08:55 WIB

Canda Jokowi Soal Ikutan Balap MotoGP di Sirkuit Mandalika

Dina Rayanti - detikOto
Jokowi saat naik di atas Honda RC213V-S. Foto: Ray Jordan/detiksport Jokowi saat naik di atas Honda RC213V-S. Foto: Ray Jordan/detiksport
Jakarta - Indonesia bakalan menggelar ajang balap MotoGP di sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat pada tahun 2021. Hal itu pun menjadi kebanggaan tersendiri bagi presiden Joko Widodo yang juga diketahui menggeluti hobi motoran.

Jokowi pun berseloroh bakal ikut balapan dengan menunggangi replika motor MotoGP Honda RC213V-S yang diboyong Honda ke Istana Kepresidenan Bogor usai bertemu dengan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta.


"Tiga sepeda motor balap terparkir di halaman Istana Bogor, kemarin. Salah satunya yang hitam sangar ini, akan saya tunggangi di ajang balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat tahun 2021 ... hehehe," tulis Jokowi dalam akun instagramnya, Selasa (12/3/2019).

"Tentu saya hanya bercanda akan ikut balapan. Tapi pertandingan MotoGP, ajang balap motor bergengsi ini, benar-benar akan dilangsungkan di Indonesia dua tahun mendatang. Saya sudah bertemu dengan Carmelo Ezpeleta, bos Dorna, organisasi penyelenggara balapan MotoGP yang datang ke Istana Bogor untuk memastikan bahwa kita siap, baik dalam organisasi mau pun infrastrukturnya," sambungnya.

[Gambas:Instagram]


Indonesia sendiri disebutkan telah melakukan Penandatangan kesepakatan menggelar MotoGP telah dilakukan antara ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) dengan Dorna di Madrid, Spanyol, pada akhir Januari 2019.


Ini bukan pertama kalinya Indonesia menggelar ajang balap MotoGP. Sebelumnya tahun 1997 Indonesia juga sempat menjadi tuan rumah balapan MotoGP di Sirkuit Sentul. Ketika itu, kelas MotoGP masih berformat 500cc. Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi tampil sebagai pemenang kelas 125 cc, Max Biaggi memenangi kelas 250cc, sedangkan kelas tertinggi dimenangi Tadayuki Okada asal Jepang.

MotoGP Indonesia akan terasa semakin spesial. Pasalnya, Sirkuit Mandalika akan mengusung konsep sirkuit jalan raya seperti balap Formula 1 yang digelar di Monako dan Singapura (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed