Sabtu, 19 Jan 2019 11:55 WIB

Renault Cari Pengganti Charlos Ghosn yang Tak Kunjung Bebas

Rizki Pratama - detikOto
Renaut K-ZE dan Carlos Ghosn Foto: Renault Renaut K-ZE dan Carlos Ghosn Foto: Renault
Paris - Renault sedang mempertimbangkan pemimpin baru untuk menggantikan posisi Charlos Ghosn sebagai CEO dan Chairman. Pernyataan ini diberikan setelah Menteri Keuangan Perancis, Bruno Le Maire mengumumkan secara terbuka melakukan rapat dewan untuk membahas penggantinya.

"Badan-badan pengurus Renault secara aktif bekerja untuk menemukan solusi terbaik bagi tata kelola kelompok ini di masa depan, dengan tujuan untuk menjaga kepentingan perusahaan dan memperkuat Aliansi Renault-Nissan," kata Renault dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan atas nama Philippe Lagayette dan direktur senior lainnya.

Pernyataan itu dikeluarkan sehari setelah Le Maire menyerukan perubahan kepemimpinan Renault, setelah pengadilan Tokyo menolak membebaskan Ghosn dengan jaminan saat ia menunggu persidangan di Jepang atas tuduhan pelanggaran keuangan yang ia bantah.

Ghosn sudah 2 bulan ditahan oleh pengadilan Tokyo sejak pertama kali ditangkap pada 19 November 2018 lalu. Pada saat itu, Ghosn ditangkap bersama wakilnya, Greg Kelly yang saat ini sudah bebas dari tahanan setelah memberikan jaminan.

Berbeda dengan Kelly, permintaan pembebasan dengan jaminan Ghosn ditolak oleh pengadilan Jepang. Oleh karena itu Ghosn harus menunggu di tahanan hingga proses interogasi selesai dan masuk ke meja hijau untuk keputusan akhir.

Ghosn telah dituduh melakukan manipulasi terhadap laporan pendapatannya kepada pemerintah Jepang. Selain itu dalam masa investigasi tuduhan lain juga dilayangkan kepadanya berupa pengguna uang Nissan untuk membayar masalah finansial pribadinya. Ghosn menolak keras tudingan itu. (rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com