ADVERTISEMENT
Sabtu, 05 Jan 2019 17:00 WIB

Bos Nissan yang Ditangkap Jepang Muncul ke Publik Selasa Depan

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Carlos Ghosn (Foto: Etienne Laurent/Pool via Reuters) Carlos Ghosn (Foto: Etienne Laurent/Pool via Reuters)
Tokyo - Mantan Chairman Nissan yang ditangkap aparat Jepang, Carlos Ghosn, akan muncul pertama kali di hadapan publik pada sidang di pengadilan Tokyo Selasa depan.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (5/1/2019) mantan orang nomor satu Nissan itu meminta sidang terbuka pada Selasa (8/1/2019) pukul 10.30 waktu Tokyo, guna mendengarkan alasan penahanan dia oleh aparat Jepang.



Carlos Ghosn sudah ditahan selama 7 minggu sejak 19 November 2018 lalu. Dia ditahan karena dugaan manipulasi laporan keuangan. Aparat Jepang sendiri memperpanjang penahanan Ghosn sampai 11 Januari 2019. Ghosn tadinya harusnya bisa bebas pada akhir Desember, namun Jepang kemudian menahan kembali Ghosn atas tuduhan yang lain.

Aparat Jepang menuding Ghosn melakukan kecurangan dengan memindahkan kerugian investasi pribadinya ke Nissan. Dia dicurigai menggunakan dana perusahaan untuk membayar pengusaha Arab Saudi yang membantu Ghosn keluar dari masalah keuangan.



Carlos Ghosn sendiri beberapa kali membantah semua tudingan yang dialamatkan padanya. Tidak seperti Ghosn yang masih ditahan, kolega Ghosn, mantan eksekutif Nissan lainnya yakni Greg Kelly sudah dibebaskan dengan jaminan.



Selain dilengserkan dari kursi Chairman Nissan, Ghosn juga kehilangan kursinya di Mitsubishi. Kasus ini sudah mengguncang dunia otomotif dan mengancam aliansi Jepang-Eropa yang terdiri dari 3 merek yakni Nissan, Mitsubishi dan Renault.

Tonton Juga: Bos Nissan Ditangkap Jepang

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com