Rabu, 26 Des 2018 07:16 WIB

Motor Modifikasi Dani Pedrosa, Dibuat dalam 500 Jam

Ridwan Arifin - detikOto
Motor Modifikasi Dani Pedrosa. Foto: Dok. Red Bull Motor Modifikasi Dani Pedrosa. Foto: Dok. Red Bull
Jakarta - Selepas pensiun dini dari MotoGP, banyak sisi lain dari Dani Pedrosa yang belum terungkap. Oleh karena itu Red Bull Team dan Goroka membesut film dokumenter yang berjudul "The Silence of Samurai" atau dalam bahasa Spanyol "El silencio del SamurĂ¡i".

Film tersebut sudah tayang perdana pada 19 Desember 2018, di Vamos de Movistar. Sedangkan mulai 15 Januari 2019 akan tersedia di Red Bull TV. Dalam film tak hanya menceritakan tentang sepak terjang dunia balapnya di MotoGP, tetapi juga kecintaan Dani Pedrosa terhadap sepeda motor.

Wujud nyata untuk menggambarkan keutuhan cinta dari pebalap yang dijuluki "Little Samurai" yang dituangkan ke dalam bentuk sepeda motor bergaya cafe racer bakal tampak dalam film "El silencio del Samurai".



Seperti sebuah proses yang tidak selalu instan, dalam film yang berdurasi 33 menit ini juga diceritakan bagaimana latar belakang motor terbentuk bahkan dikatakan menghabiskan waktu selama 500 jam. Hal ini bertujuan senada dengan karakter yang dimiliki oleh Dani Pedrosa.

Motor tersebut dirancang oleh Direktur Desain Deus, Mike Woolaway "Woolie", menggunakan basis mesin Honda 750 cc yang bertenaga 70 daya kuda, didesain ulang sepenuhnya. Motor menggunakan sasis Reynold Crome Molly berbahan alumunium, dengan peredam kejut diadaptasi dari teknologi balap, sedangkan suspensi kenyamanan dipercayakan kepada merk Ohlins.



"Tujuannya adalah untuk membangun sebuah warisan balap yang tertuang pada sepeda motor ini, sangat ringan dan cepat, dan setiap kali saya memberikan sepeda motor hasil garapan, saya merasa ada sebagian dari diri saya yang hilang," ungkap Mike.

Mike melanjutkan dirinya merasa beruntung untuk mendesain motor khusus Dani Pedrosa. Memang tidak banyak builder yang seberuntung Mike untuk membuat motor salah satu legenda MotoGP.

"Jika mendesain motor ini untuk Dani Pedrosa, apa yang bisa saya minta, dia anak yang jujur dan adil, saya sangat beruntung itu untuknya," kata Mike. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com