Kamis, 20 Des 2018 14:10 WIB

Sebulan Dipenjara, Mantan Bos Nissan Segera Bebas!

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Carlos Ghosn (Foto: Reuters/Regis Duvignau/File Photo) Carlos Ghosn (Foto: Reuters/Regis Duvignau/File Photo)
Tokyo - Pengadilan Tokyo secara mengejutkan memutuskan untuk tidak memperpanjang masa penahanan mantan Chairman Nissan Motor Carlos Ghosn. Itu artinya Ghosn bisa segera bebas dari tahanan.

Rekan Ghosn yang juga merupakan mantan eksekutif Nissan, yakni Greg Kelly juga tidak diperpanjang masa penahanannya. Kedua eksekutif Nissan itu ditangkap 19 November lalu di Tokyo, Jepang.



Tidak jelas apakah para penuntut akan mengajukan banding atas keputusan pengadilan itu. Namun Wakil Jaksa Penuntut Tokyo, Shin Kukimoto mengatakan pihaknya akan memberikan respons sesuai aturan.

Media Jepang, NHK, seperti dilansir Reuters, Kamis (20/12/2018) mengatakan Ghosn bisa dibebaskan hari Kamis ini atau Jumat jika pengadilan menolak banding dari jaksa dan pihak Ghosn membayar jaminan.



Ghosn dituduh memanipulasi laporan keuangan yang diterimanya sejak tahun 2010. Dia juga dituduh menggunakan aset perusahaan untuk kepentingan pribadi. Baik Ghosn dan Kelly belum memberikan pembelaan atas kasus yang mendera mereka kepada publik. Namun Ghosn kabarnya membantah semua tuduhan yang dialamatkan kepadanya.

Nissan sendiri sudah memecat Ghosn, sementara posisi Ghosn di Renault masih aman. Renault beberapa hari lalu mengatakan kompensasi yang diterima Ghosn sudah sesuai aturan hukum dan Renault tidak menemukan pelanggaran.

Gara-gara kasus Ghosn, aliansi Renault dan Nissan mengalami badai terhebat. Untuk meredam ketegangan antara Nissan dan Renault, kedua perusahaan sudah bertemu di Amsterdam, Belanda. Pertemuan itu disebutkan menghasilkan keputusan yang positif dan produktif meski Nissan tidak memaparkan secara jelas hasil pertemuannya.



(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed