Senin, 12 Nov 2018 08:12 WIB

Jokowi dan Duterte Petinggi Negara yang Suka Naik Motor

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Presiden Joko Widodo dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang Hobi Motoran. Foto: Istimewa Presiden Joko Widodo dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang Hobi Motoran. Foto: Istimewa
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhir-akhir ini tampak menggemari sepeda motor. Dalam aktivitasnya beberapa kali, orang nomor satu di Indonesia itu mengendarai motor.

Jokowi juga sudah memiliki dua motor modifikasi, pertama chopper berkelir emas, dan yang terbaru Kawasaki W175 modifikasi berwarna hijau. Tak cuma motor kustom, Jokowi beberapa hari lalu juga menjajal langsung motor listrik Gesits.

Jokowi bukan satu-satunya petinggi negara yang menyukai sepeda motor. Rupanya Presiden Filipina, Rodrigo Duterte juga menggemari kegiatan naik motor. Duterte lebih menyenangi motor gede (moge).



Moge Yamaha Virago 750 menjadi pilihan Duterte. Mirip Jokowi, Duterte mengendarai mogenya di sela-sela kunjungan kerja usai sebulan dilantik menjadi Presiden 2016 lalu.

Motor itu bukanlah motor dinas atau motor para pengamannya, melainkan motor pribadinya sendiri. Dalam sebuah video yang disebarkan oleh salah satu media di Filipina tahun 2016, Duterte sengaja mengendarai motor untuk mengecek kemacetan yang sering terjadi di salah satu wilayah. Ia melihat penyebab kemacetan itu adalah para pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya di pinggir-pinggir jalan depan pasar.

Duterte yang hobi motoran itu, memang senang mengendarai sepeda motor untuk sekadar rekreasi atau di sela-sela kunjungan kerjanya saat menjabat sebagai Walikota Davao City.



Saat itu bahkan Duterte mengendarai motornya setiap minggu. Terpilih menjadi presiden sejak Juli 2016, Duterte tak bisa lagi melakukan hobinya itu karena mendapat pengawalan lebih ketat dari body guard.

"Saya betul-betul tidak tahu apakah bisa naik motor dengan bebas atau tidak karena pengamanan yang saya dapatkan sekarang. Itulah risikonya jadi presiden," ungkap Duterte dikutip Reuters akhir tahun 2016.

"Saya kehilangan hasrat untuk mengendarai motor, karena setiap saya keluar para bodyguard mengikuti," tambahnya.


Tonton video: Gokil! Ini Momen Saat Jokowi Beli Kaos Tur Eropa Burgerkill

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com