Senin, 05 Nov 2018 15:28 WIB

Jokowi dan Putranya yang Gemar Main Motor

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Screenshot Instagram Joko Widodo Foto: Screenshot Instagram Joko Widodo
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhir-akhir ini lagi suka mengendarai sepeda motor. Bahkan, Minggu (4/11/2018) kemarin Jokowi mengendarai motor modifikasi barunya dengan melakukan Sunday Morning Ride (Sunmori) sambil blusukan ke pasar Anyar.

Motor yang dipakai Jokowi kemarin itu adalah motor baru. Basisnya adalah Kawasaki W175. Motor itu digarap oleh bengkel Katros Garage.

Jokowi dan Putranya yang Gemar Main MotorFoto: Ray Jordan/detikcom


Dari segi desain, motor modifikasi baru milik Jokowi ini mengusung gaya bobber/chopper. Bobber bisa dicirikan dari bentuk ban yang gendut, dan identitas chopper terlihat dari posisi setang yang tinggi dan jok yang rendah.



Perubahan banyak dilakukan di area rangka dan kaki-kaki. Termasuk di antaranya adalah cover body, dan kelengkapan legalitas berkendara seperti lampu utama, lampu rem, dan lampu sein.

Ini bukan motor modifikasi pertama Jokowi. Sebelumnya, Jokowi telah membeli motor modifikasi bergaya chopper dengan basis mesin Royal Enfield Bullet 350.

Motor itu merupakan hasil garapan kolaborasi Elders Garage dan KickAss Choppers. Motor berjuluk Chopperland berwarna emas itu dibeli Jokowi dengan harga Rp 140 juta.

Motor Chopper Jokowi. Motor Chopper Jokowi. Foto: Rengga Sancaya


Jokowi tak cuma gemar motor modifikasi dengan membeli dua motor kustom. Dia beberapa kali mengendarai motor saat kunjungan kerja. Mulai dari motor trail hingga motor listrik pernah ditungganginya.

Naik motor saat kunjungan kerja ini sudah mulai dilakukan Jokowi sejak Mei 2017 lalu. Kala itu Jokowi menyambangi Wamena untuk meninjau pembangunan jalan Trans Papua di Wamena, kabupaten Jayawijaya, Papua. Dia menunggangi motor trail Kawasaki KLX 150 BF.

Presiden Jokowi Telusuri 7 KM Trans Papua dengan Motor Trail. Presiden Jokowi Telusuri 7 KM Trans Papua dengan Motor Trail. Foto: dok. PUPR


Nggak cuma ke Papua saja nih Otolovers Jokowi mengendarai motor trail. Saat mengunjungi tambak udang di kawasan Muara Gembong, Bekasi Jokowi pun terlihat menunggangi motor yang sama. Jokowi mengaku tidak ada kesulitan dalam menunggangi motor trail Kawasaki KLX 150 tersebut saat melintas di jalan-jalan sempit. Dia mengaku sudah terbiasa.

Jokowi naik motor listrik di Asmat. Jokowi naik motor listrik di Agats. Foto: dok. Biro Pers Setpres


Tak cuma itu, dalam kunjungannya ke Agats, Kabupaten Asmat, Papua, Jokowi memboncengi istrinya, Ibu Negara Iriana naik motor listrik. Kunjungan ke Agats, Asmat, Papua, itu dilakukan Jokowi pada Kamis (14/2/2018).

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya, mungkin peribahasa itu cocok putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming. Gibran beberapa waktu ke belakang juga mulai menggemari naik motor. Bahkan, Gibran juga memiliki motor modifikasi berbasis Royal Enfield Classic 500.

Jokowi dan Putranya yang Gemar Main MotorFoto: Instagram/katrosgarage


Royal Enfield Classic 500 milik Gibran juga dioprek oleh bengkel Katros Garage. Motor itu mengusung konsep bobber. Jokowi juga sempat melihat langsung motor Gibran di Otobursa Tumplekblek.

Jokowi dan Putranya yang Gemar Main MotorFoto: Instagram/chillipari


Tak cuma itu, sebelumnya Gibran juga sempat mengendarai motor gede (moge) asal Italia, Moto Guzzi. Saat menghadiri acara Mata Najwa beberapa waktu lalu, Gibran menunggangi Moto Guzzi V7 II Stone. Gibran mengaku motor itu pinjaman dari anak-anak komunitas.

September 2018 lalu, Gibran mengunggah video dirinya naik skuter klasik. Dalam video itu, Gibran tampak asyik berkendara dengan Vespa klasik bersama rekan-rekannya.

Menurut Otolovers, lebih keren gaya Jokowi atau Gibran ketika menunggangi motor? (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed