Rabu, 29 Agu 2018 18:22 WIB

Cerita Unik Galang, Pebalap RI yang Berlaga di Kejuaraan Dunia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Galang menjuarai balapan World Supersport 300 di seri Ceko. Foto: Dok Yamaha Galang menjuarai balapan World Supersport 300 di seri Ceko. Foto: Dok Yamaha
Jakarta - Pebalap Indonesia yang berlaga di kejuaraan dunia, Galang Hendra Pratama, punya cerita unik selama menaklukkan kuda besi di lintasan balap. Galang yang sekarang mengikuti ajang Supersport 300 World Championship ini sempat grogi saat menaklukkan motor sport untuk balapan.

Cerita awalnya terjadi ketika tes pramusim Asia Road Racing 2015. Saat itu, dia baru pindah dari kelas underbone (motor bebek) ke motor sport.

"Memang di Sepang itu sirkuitnya highspeed corner. Biasanya kan bebek nggak ada spidometer. Pas lihat spidometer (di motor sport) nikung itu 150 km/jam sekian. Langsung saya rem," kata Galang saat berkunjung ke redaksi detikcom di Gedung Transmedia, Jakarta.



Dari situ, Galang tak ingin melihat spidometer yang ada di motor balap tunggangannya. Biar tidak kelihatan lagi kecepatan yang sedang dipacu Galang di lintasan balap, dirinya menutup bagian spidometer di motornya.

"Pas itu masuk pit, set up-set up, ya sudah langsung saya tutup (spidometernya)," ucap Galang.

Selain itu, ketika balapan Galang selalu menolak didampingi gadis payung (umbrella girl). Entah alasannya apa, yang jelas dia tidak ingin didampingi gadis payung ketika sebelum start balapan.

"Grogi nggak. Yaa... gitu deh pokoknya. Susah dijelasin tapi memang sudah kebiasaan sih," kata Galang ketika ditanya alasan mengapa tak ingin didampingi gadis payung.



Tak cuma itu, Galang selalu melakukan kegiatan positifnya ketika balapan. Saat dia grogi, Galang kerap kali berwudhu untuk mengurangi rasa groginya.

"Satu kegiatan positif Galang, kalau dia grogi itu dia selalu ambil wudhu," ucap Deputy GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Yordan Satriadi yang mendampingi Galang.

Sementara itu, Galang membalap di ajang Supersport 300 World Championship. Setelah membalap sebagai wildcard di musim lalu, kini dia turun semusim di WSSP300. Pebalap asal Bantul itu memperkuat tim Yamaha MotoX.

Penampilan Galang paling bagus di musim ini saat membalap di seri Republik Ceko. Saat membalap di Brno pada 10 Juni lalu, dia menjadi pebalap terdepan. Saat balapan menyisakan tiga lap, red flag dikibarkan hingga Galang menjadi pemenang. Bendera Merah Putih berkibar di Republik Ceko. Itu berkat Galang menjuarai balapan World Supersport 300 di seri Ceko. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com