Minggu, 26 Agu 2018 08:24 WIB

3 Mobil Mewah Idrus Marham, Totalnya Rp 2 Miliar

Dina Rayanti - detikOto
Idrus Marham usai menyatakan mundur dari jabatan Menteri Sosial. Foto: Rengga Sancaya Idrus Marham usai menyatakan mundur dari jabatan Menteri Sosial. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Para pejabat biasanya identik dengan mobil-mobil mewah. Mesti tidak semua pejabat doyan mengoleksi mobil mewah, namun ada beberapa yang memilih mobil mewah sebagai tunggangan pribadinya.

Seperti misalnya politikus partai Golkar Idrus Marham yang kini menyandang status tersangka kasus suap PLTU Riau-1.

Sebelumnya diberitakan detikOto, Idrus memiliki Toyota Harrier keluaran 2004 senilai Rp 300 juta dan Toyota Vellfire yang dibeli tahun 2009 atas hasil sendiri seharga Rp 500 juta.


Hal itu tercantum dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang dilaporkan Idrus pada tahun 2014. Kemudian saat detikOto kembali mengecek, rupanya Idrus sudah memperbaiki daftar harta kekayaan miliknya itu.

Dalam LHKPN yang dilaporkan Idrus 31 Desember 2017, ia diketahui memiliki tiga unit mobil senilai Rp 2,04 miliar. Apa saja mobil Idrus yang menjabat sebagai Menteri Sosial selama tujuh bulan itu?

Ketiga mobil Idrus diperoleh pada tahun yang sama yakni 2015. Ada Nissan Infiniti yang dibelinya dari hasil sendiri senilai Rp 800 juta, Mitsubishi Pajero Rp 290 juta, dan terakhir Toyota Alphard seharga Rp 950 juta. Infiniti bahkan tergolong mobil langka karena merek mobil mewah Nissan itu sudah menyetop penjualannya di Indonesia.

Secara total, harta kekayaan Idrus senilai Rp 25 miliar. Terdiri dari tanah dan bangunan, kas, transportasi, dan harta lainnya.


Idrus Jumat lalu menyatakan ia kini menjadi tersangka kasus suap PLTU Riau-1. Hal itulah yang membuat Idrus mundur dari kursi Menteri Sosial.

Idrus menjadi menteri pertama di Kabinet Kerja yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi yang ditangani KPK. Dia mundur dengan alasan ingin berfokus menghadapi proses hukum di KPK.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed