Minggu, 19 Agu 2018 13:20 WIB

Sosok Freestyler Pengganti Jokowi Naik Moge Yamaha Terungkap

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: dok. Xinhua News Foto: dok. Xinhua News
Jakarta - Aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengendarai moge di pembukaan Asian Games 2018 menjadi omongan banyak orang. Aksi Jokowi dipertanyakan apakah menggunakan peran pengganti atau murni diperagakan Jokowi.

Namun melihat sosok pengendara motor Yamaha FZ1, terlihat jelas kalau itu bukan lah Jokowi. Badan si pengendara yang senantiasa berhelm itu lebih kekar.



Dalam akun Twitternya, Jokowi pun bicara soal aksi 'terbang' di motor tersebut. Jokowi malah tertawa soal aksi akrobat mengendarai moge tersebut.

"Siapa yang menerbangkan sepeda motor, meliuk-liuk, bergaya stoppie, dan sampai tepat waktu ke GBK, semalam? Hehehe," tulis @Jokowi, di Twitter, Minggu (19/8/2018).

Jokowi menambahkan tak perlu diributkan siapa sosok pengendara motor itu yang pasti dirinya ingin menghibur masyarakat lewat Asian Games 2018.

"Yang jelas, saya dan kita semua menyambut gembira, acara pembukaan Asian Games 2018 berlangsung meriah dan lancar. Ini penantian Indonesia selama 56 tahun," tulis Jokowi.

Aksi Jokowi dalam pembukaan Asian Games didahului dengan video teaser di mana Jokowi berangkat dari Istana Bogor menuju GBK Senayan. Saat perjalanan, Jokowi terjebak macet dan akhirnya beralih dari mobil kepresidenan ke moge Yamaha.



Saat mengendarai moge, Jokowi memeragakan aksi akrobatik terbang. Hingga akhirnya berhasil masuk ke dalam panggung pembukaan Asian Games sambil melambai-lambai ke penonton.

Netizen lalu mempertanyakan apakah Jokowi menggunakan stuntman atau beraksi sendiri saat memeragakan aksi akrobatik tersebut. Netizen langsung menyerbu sesosok freestyler asal Thailand.

[Gambas:Instagram]

Di akun instagramnya dia memamerkan proses di belakang layar video tersebut.

Moge Yamaha FZ1 mulai digunakan Paspampres sebagai motor pengawal sejak pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono, sekitar tahun 2010. Biasanya, Paspampres yang menunggangi moge streetfighter ini mengawal di belakang sisi kanan dan kiri mobil dinas presiden. Paspampres yang menggunakan motor ini biasanya berboncengan. Satu mengendarai motor, satu lagi memegang senjata untuk melindungi presiden jika ada ancaman.


Ini Spesifikasi Moge Paspampres yang Kawal Perjalanan Jokowi

Paspampres menggunakan motor FZ1 tahun 2014 lalu

Motor konsep streetfighter yang merupakan versi naked dari Yamaha R1 ini memiliki tenaga dahsyat. Dengan pelintiran selongsong gasnya, mesin 998cc, empat tak, empat silinder, DOHC lima katup per silinder.

Mesin gede dengan konfigurasi empat silinder menawarkan suara khas yang gahar. Dalam pembukaan Asian Games 2018 di GBK, moge yang ditunggangi Jokowi ini juga sempat digeber-geber dan mengeluarkan suara gahar.

Mesin 1.000 cc tersebut mampu menyemburkan tenaga sekitar 150 daya kuda pada 11.000 rpm. Torsi maksimalnya mencapai 106 Nm pada 8.000 rpm. Bahan bakar disuplai dengan sistem injeksi.


Inikah Pria yang Jadi Stuntman Jokowi di Pembukaan Asian Games 2018?

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed