Kamis, 16 Agu 2018 12:32 WIB

Jokowi Nggak Punya Yamaha Mio Lagi, Ini Gantinya

Dina Rayanti - detikOto
Jokowi saat naik motor chopper emasnya di Sukabumi. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari Jokowi saat naik motor chopper emasnya di Sukabumi. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Jakarta - Presiden Joko Widodo tercatat memiliki deretan mobil dan motor dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam laporan itu deretan mobil mahal hingga murah bertengger dalam garasi rumah Jokowi.

Berbeda halnya dengan motor. Jokowi memiliki dua motor Yamaha yaitu Mio tahun 2008 dan Vega tahun 2001. Hal itu berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat (LHKPN) milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dilaporkan oleh Jokowi pada 31 Desember 2014.


Namun dalam data terbaru yang dilaporkan Jokowi, salah satu motornya yakni Yamaha Mio sudah tak ada lagi dalam daftar. Motor merek Yamaha Jokowi tersisa satu yakni Yamaha Vega tahun 2001. Sepertinya Mio milik Jokowi sudah berganti motor kustom bergaya chopper berwarna emas.

Motor itu digarap oleh bengkel kustom lokal Elders Garage dan KickAss Choppers. Harganya cukup lumayan nih Otolovers tercatat dalam LHKPN chopper Jokowi bernilai Rp 140 juta. Motor tersebut asalnya adalah Royal Enfield Bullet 350cc kemudian dimodifikasi.

Jokowi tak sekadar memesan motor untuk menjadi koleksi semata saja. Ia juga sempat mengendarai motor saat kunjungan kerja ke Sukabumi. Bergaya ala Dilan si anak motor, Jokowi menggunakan jaket jeans serta sepatu sneakers kala itu.


Selain Jokowi menteri-menteri di bawahnya juga dikabarkan telah memesan motor dengan gaya sama.

"So far sih dua saja (Jokowi dan Basuki), kalau yang (masyarakat) umum sih lumayan ada beberapa," ujar pemilik bengkel Elders Garage Heret Frasthio saat itu.

Lanjut Heret mengatakan, chopper yang dibeli oleh Basuki sama jenisnya dengan punya Jokowi. Hanya berbeda warna dan nama, motornya tetap Royal Enfield Bullet 350 cc. Chopper Jokowi namanya Chopperland1 sedangkan punya Basuki Chopperland4. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya